Home / Humaniora / Keinginan Hasyim Muzadi yang Belum Terlaksana

Keinginan Hasyim Muzadi yang Belum Terlaksana

Hasyim Muzadi
Hasyim Muzadi

Bagikan Halaman ini

Share Button

Depok–Ada keinginan KH Hasyim Muzadi yang belum sempat terlaksana karena sudah tutup usia. Mantan Ketum PBNU ini memiliki keinginan mengembangkan pesantren di Bogor.

Hal tersebut disampaikan oleh kerabat dekat Hasyim, Achmad Sodiq.

“Saya terakhir bersama beliau jalan untuk mencari tanah di Kota Bogor. Itu buat pengembangan pesantren. Belum selesai keinginannya itu,” ujar Sodiq di Pesantren Al-Hikam, Kukusan, Beji, Depok, Kamis (16/3/2017).

Kepada Sodiq, Hasyim Muzadi berpesan untuk mencarikan dana agar tanah di Bogor itu dapat dikembangkan menjadi pesantren. Tanah tersebut berada di kawasan Iwul.

“Pesannya dicarikan uang, dikembangkan agar lebih luas lagi. Tanah itu di Iwul, Kabupaten Bogor, ada lima hektare, Al-Hikam Bogor,” ujarnya.

Baca Juga :  Kekerasan Seksual dan KDRT Dominasi Kasus Kekerasan 2015

Sodiq juga menuturkan Kiai Hasyim merupakan sosok yang menghargai dan menghormati orang lain. Sodiq telah ikut sejak bersekolah bersama Kiai Hasyim.

“Sangat menghargai dan menghormati orang lain. Kalau orang bilang mah memanusiakan manusia,” ujar Sodiq.

Dia juga sempat menengok Hasyim ke Kota Malang saat sakit. Sodiq mengaku tidak banyak bicara karena Kiai Hasyim dalam keadaan lemah.

“Sempat saya menengok dia, tapi nggak ada pembicaraan khusus dan lama. Kondisi beliau lemah,” ungkapnya.

Menurutnya, hingga Kiai Hasyim mengembuskan napas terakhir, belum ada pesan lain yang disampaikan. Hanya pesan untuk dimakamkan di Pondok Pesantren Al-Hikam di Beji, Depok.

“Sementara, hanya ingin mengembangkan pesantren mahasiswa. Lalu minta dimakamkan ke sini,” imbuhnya.
(detikcom)

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda