Home / Nasional / Kebakaran Kapal ‘Asia Raya’ Akibat Korsleting Listrik

Kebakaran Kapal ‘Asia Raya’ Akibat Korsleting Listrik

Bagikan Halaman ini

Share Button
KM Asia Raya/Foto: Gamaliel

KM Asia Raya/Foto: Gamaliel

Kupang—Lintasntt.com: Saksi mata mengatakan kebakaran Kapal Motor (KM) Asia Raya yang berlabuh dekat Pelabuhan Hansisi, Pulau Semau, Kupang, Nusa Tenggara Timur karena korsleting listrik di kapal.

Korsleting terjadi pada lampu listrik yang ada di dek haluan kapal.

“Setelah ada api barulah nakhoda meminta pertolongan dengan menembakan suar ke udara. Jadi kabar yang mengatakan kebakaran kapal karena pijaran lampu suar tidak benar,” kata Karta, anak buah kapal tersebut kepada wartawan yang menemuinya di kapal SAR yang membuang sauh tidak jauh dari kapal naas tersebut, Jumat (15/5) siang.

Karta asal Sulawesi Selatan, baru lima bulan bekerja di kapal barang tersebut. Sebelum tiba di Kupang lima hari lalu, KM Asia Raya membongkar 40.000 sak semen Bosowa yang di Maumere, Kabupaten Sikka.

Baca Juga :  DPD Bertemu Ketua DPR Bahas Penanganan Kekeringan di TTS

“Dari Maumere, kami berlayar ke Kupang untuk mengangkut sapi,” ujarnya.

Karta mengatakan, lampu yang mengalami korsleting tersebut tertutup jerami yang disiapkan untuk pakan sapi. Akibatnya api langsung menyambar tumpukan jerami dan menimbulkan kebakaran. Ratusan sapi yang diikat di dekat jerami ukut terbakar. Sejumlah jerami yang terbakar kemudian jatuh ke dek di bawahnya yang mengakibatkan sapi di dek tersebut terbakar.

Tim SAR menduga sekitar 400 sapi dari 624 saki yang diangkut kapal itu terbakar namun angka itu belum bisa dipastikan karena petugas SAR pun belum bisa naik sampai ke kapal mengingat saat ini kapal dalam posisi miring ke bagian kiri. (gamaliel)

Baca Juga :  Unjuk Rasa Tuntut Adili Ahmad Dhani Hingga Bubarkan FPI di NTT

 

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda