Home / Dunia / ‘Kapal Hantu’ Sam Ratulangi Muncul Lagi Setelah Hilang 9 Tahun

‘Kapal Hantu’ Sam Ratulangi Muncul Lagi Setelah Hilang 9 Tahun

Kapal Sam Ratulangi/Foto: Yangon Police
Kapal Sam Ratulangi/Foto: Yangon Police

Bagikan Halaman ini

Share Button

Myanmar–Kapal Sam Ratulangi PB 1600 berbendera Indonesia muncul lagi tanpa awak setelah hilang sejak 2009 atau 9 tahun lalu.

Situs Asia Times pada Sabtu (1/9) memberitakan kapal tersebut mengambang di perairan Teluk Martaba, sekitar 11 kilometer dari pantai ibu kota komersial Myanmar. Kapal ditemukan oleh nelayan pada Kamis (30/8).

Sebelum kandas, kapal dilaporkan masih berlayar sekitar 7 mil dari Desa Thama Seitta di wilayah itu.

Nelayan yang menemukan kapal itu kemudian melapor ke polisi, penjaga pantai, dan angkatan laut. Selanjutnya, mereka memberanikan diri naik ke kapal tersebut untuk melakukan pemeriksaan.

“Tidak ada awak atau kargo yang ditemukan di kapal. Cukup membingungkan bagaimana kapal besar itu muncul di perairan kami,” kata Ne Win Yangon, anggota parlemen lokal untuk kota Thongwa seperti dilaporkan Rusia Today, Sabtu.

Baca Juga :  Gubernur NTT Berterima Kasih Atas Pembebasan 3 Sandera

Kapal itu diketahui memiliki panjang 177,35 meter, lebar 27,91 meter, dan berat 26.510 ton. Sebelum hilang, kapal terakhir terlihat di perairan Taiwan. Pejabat setempat belum bisa menjelaskan bagaimana kapal yang hilang 9 tahun lalu itu muncul lagi dan berlayar ke pantai. (gma/sumber: Asia Times)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda