Home / Politik / Kamis, Ratusan Napi Lapas Penfui Lakukan Perekaman KTP Elekronik

Kamis, Ratusan Napi Lapas Penfui Lakukan Perekaman KTP Elekronik

Ilustrasi: KTP Elektronik
Ilustrasi: KTP Elektronik

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur melakukan perekaman data kartu tanda penduduk (KTP) elektronik bagi penghuni lembaga pemasyarakatan (Lapas) Penfui pada Kamis (17/1/2019).

“Perekaman data e-KTP di lapas agar mereka mendapatkan hak-haknya sebagai warga negara yakni berpartisipasi dalam pemilu,” kata Sekretaris Dukcapil Kota Kupang Agus Ririmase kepada wartawan di Kupang, Selasa (15/1).

Menurutnya, sedikitnya 200 warga Kota Kupang, penghuni Lapas tersebut belum melakukan perekeman data KTP elektronik. Perintah perekaman data e-KTP tambah Dia, berasal dari Dirjen Dukcapil.

Menurutnya, petugas Dukcapil mulai melakukan pemasangan perangkat perekaman e-KTP pada Rabu (16/1). “Kami sudah berkoordinasi dengan pihak lapas dan mereka sudah siap,” tandasnya.

Baca Juga :  Implementasi Sakip di Kota Kupang Belum Sesuai Harapan

Selain warga Kota Kupang, penghuni Lapas tersebut juga berasal dari daerah lain seperti Kabupaten Kupang. Namun, kegiatan perekaman e-KTP bagi warga Kabupaten Kupang dilakukan oleh Dukcapil kabupaten tersebut. Penghuni lapas yang melakukan perekaman e-KTP juga harus menyiapkan data-data pendukung lainnya seperti kartu keluarga. “Teknis perekaman sudah disampaikan,” tambahnya.

Sebelumnya, Komisioner Bawaslu NTT Yemris Fointuna mengatakan sebanyak 439.554 warga NTT belum merekam data kartu tanda penduduk elektronik, yang dikhawatirkan berdampak terhadap partisipasi pemilih pada pemilu 2019

Dari puluhan ribu warga tersebut, 69.793 orang di antaranya terdapat di wilayah Kabupaten Kupang, sedangkan perekaman di Kota Kupang dan kabupaten lainnya seperti umba Barat Daya, Sumba Barat, Malaka, Timor Tengah Selatan sudah di atas 80%. (gma/mi)

Baca Juga :  Jokowi-JK Menang di Nusa Tenggara Timur

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda