Home / Hukum / Kadis Pendidikan Sabu Dipenjara 2 Bulan karena Menghina Anggota DPR

Kadis Pendidikan Sabu Dipenjara 2 Bulan karena Menghina Anggota DPR

Bagikan Halaman ini

Share Button

 Kupang–Lintasnttcom: Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (PPO) Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur Yulius Umbu Ndandara, divonis dua bulan penjara dalam sidang di Pengadilan Negeri Kupang, Senin (9/2).

Yulius dipenjara karena menghina anggota DPR asal Partai Demokrat Jefri Riwu Kore. Majelis Hakim Ida Bagus Dwwyantara mengatakan Yulius terbukti melakukan tindak pidana penghinaan.

Kasus ini berawal dari sebuah surat edaran yang dikeluarkan Yullius pada 21 Maret 2014. Isi surat itu menyebutkan format pendataan penerima bantuan dana bantuan siswa miskin (BSM) yang dilakukan Jefri selama masa kampanye pemilu legislatif, melanggar aturan.

Edaran itu sesuai isi surat, dinilai bohong. Jefri juga disebutkan melakukan penipuan kepada masyarakat untuk kepentingan pribadi. Ketika itu Jefri bersama tim kampanye memang mengeluarkan format tersebut yang digunakan mendata siswa dari keluarga miskin yang rencananya diberikan beasiswa.

Baca Juga :  Gawat, Polisi Mulai Usut Blokade Bandara Turelelo

Surat tersebut kemudian dibacakan di setiap ibadah di gereja pada Maret 2014 sehingga dianggap penghinaan yang berlanjut dilaporkannya Yulius ke aparat penegak hukum. “Terdakwa terbukti secara sah meyakinkan melakukan tindak pidana penghinaan terhadap Jefirston Riwu Kore,“ ujarnya.

Ia mengatakan, Yulius melanggarpasal 310 ayat 2 jo pasal 316 KUHP. Hukuman itu lebih ringan dari tuntutan jaksa selama empat bulan penjara. (dem)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda