Home / Hukum / Jonas Pernah Usir Gafatar dari Kupang

Jonas Pernah Usir Gafatar dari Kupang

CalWali Kota Kupang Jonas Salean. Foto: Gamaliel
CalWali Kota Kupang Jonas Salean. Foto: Gamaliel

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Wali Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) Jonas Salean mengatakan ia pernah mengusir Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) dari Kupang pada tahun 2013.

Pada 2013, Jonas mengaku didatangi salah seorang anggota DPRD Kota Kupang bersama sejumlah anggota Gafatar karena baru selesai menggelar bhakti sosial di kelurahan.

“Kami mencium adanya paham radikal yang disebarkan gerakan ini sehingga diusir dari Kupang,” kata Jonas kepada wartawan, Jumat (15/1).

Jonas curiga karena anggota organisasi tersebut minta izin menghadiri upacara Hari Kemerdekaan RI. Ia kemudian menelusuri keberadaan organisasi ini, ternyata tidak terdaftar di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). “Saya katakan kepada mereka bahwa kami tidak memberikan izin,” ujarnya.

Baca Juga :  Paket Berisi Karapas Penyu Diselundupkan dari Sabu Raijua ke Jakarta

Tidak hilang akal, Jonas kemudian minta Gafatar menyerahkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Permintaan itu ditolak sehingga Jonas mengusir mereka. “Karena mereka (Gafatar) tidak mau tunjukan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, saya suruh mereka pulang,” katanya. (rr)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda