Home / Nasional / Jokowi Siapkan 3 Kartu Baru, Prabowo Janji Izinkan Impor jika Terpaksa

Jokowi Siapkan 3 Kartu Baru, Prabowo Janji Izinkan Impor jika Terpaksa

Jokowi di Embung Saina, Rote Barat/Foto: Setkab
Jokowi di Embung Saina, Rote Barat/Foto: Setkab

Bagikan Halaman ini

Share Button

Banten–Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) merancang perluasan peruntukan Kartu Indonesia Pintar (KIP) di 2020 nanti.

Dalam kampanye terbuka perdananya di Serang, Banten, Minggu (24/3), Jokowi mengaku dirinya sudah menyiapkan penggunaan KIP bagi calon mahasiswa yang hendak kuliah di perguruan tinggi.

Jadi KIP nantinya tidak lagi hanya ditujukan bagi peserta didik dari SD hingga SMA yang berasal dari keluarga tak mampu. “Ini tiga jenis kartu yang akan diterbitkan, yaitu Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Kartu Pra Kerja, dan Kartu Sembako Murah. Kan sudah ada KIP dari SD sampai SMA, tahun depan ada KIP Kuliah. Setuju? Siapa yang tidak setuju saya beri sepeda!” kata Jokowi sambil berseloroh.

Tepuk tangan massa langsung membahana di GOR Maulana Yusuf, Serang, Banten, tempat kampanye berlangsung. Massa juga dibuat terpingkal-pingkal oleh candaan Jokowi yang segar itu.

“Yang enggak setuju, ayo sini naik panggung. Nanti saya beri sepeda,” canda Jokowi kembali. Tawa nasyarakat pun makin menjadi.

Baca Juga :  Kapal Penangkap Ikan Bersama 11 ABK Hilang di TTU

Berikutnya, sambung Jokowi, dirinya juga sudah menyiapkan Kartu Pra Kerja. Kartu itu ditujukan bagi lulusan sekolah dan perguruan tinggi yang tengah mencari kerja.

Pemegang kartu itu nantinya tak hanya diberi pelatihan kerja, tapi juga honor dengan besaran tertentu sampai mendapat pekerjaan.

“Buat para lulusan sekolah, dengan kartu ini saudara-saudara akan dikasih pelatihan di BUMN, kementerian, dan Balai Latihan Kerja (BLK), di dalam dan luar negeri, akan ada pelatihan besar-besaran. Setelah ditraining tentunya akan mudah mendapatkan pekerjaan. Kalau belum dapat kerja selama 6-12 bulan, dapat insentif honor. Setuju? Siapa yang tidak setuju saya beri sepeda!” kembali Jokowi melontarkan candaan.

Saat memperkenalkan kartu ketiga, teriakan histeris datang dari kelompok ibu-ibu. Kartu itu diberi nama Kartu Sembako Murah, disingkat KSM. Keluarga pemegang KSM, akan mendapat potongan harga saat berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga :  Jokowi Tiba di Kupang, 2.000 Pasukan Siaga

“Untuk ibu-ibu, beli sembako dan minyak dibantu. Setuju? Siapa yang tidak setuju saya beri sepeda!” ucap Jokowi. “Jokowi… Jokowi… Jokowi…,” sahut kelompok ibu-ibu yang tampak kegirangan.

Kampanye Prabowo

Sementara itu, calon Presiden nomor 02, Prabowo Subianto, tiba di Lapangan Karebosi Makassar, untuk menggelar kampanye akbar pertamanya.

Dihadapan ribuan massa yang memadati lapangan, Prabowo pun menyampaikan sejumlah gagasannya bila terpilih memimpin Indonesia untuk lima tahun ke depan. Salah satunya adalah selalu berkomitmen membela rakyat kecil, dengan tidak akan mengeluarkan izin impor, kecuali dalam kondisi terpaksa. “Saya sudah bentuk tim pakar terbaik, dengan otak terbaik Indonesia,” seru Prabowo di Makassar, Minggu (24/3).

Prabowo menambahkan, Indonesia tidak hanya membutuhkan pemimpin dengan pemikiran yang baik tetapi juga harus dengan hati yang bersih. “Tapi hatinya harus bersih. Percuma orang pintar, tapi tidak membela rakyatnya sendiri,” ketus Prabowo, yang disambut teriakan pendukungnya. (sumber: media indonesia)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda