Home / Dunia / Jembatan Penghubung RI-Timor Leste Roboh Diterjang Banjir

Jembatan Penghubung RI-Timor Leste Roboh Diterjang Banjir

Bagikan Halaman ini

Share Button
Kondisi Jembatan Metamasin sebelum Roboh/Foto: Gamaliel

Kondisi Jembatan Metamasin sebelum Roboh/Foto: Gamaliel

Kupang—-Lintasntt.com: Sebuah jembatan yang menghubungkan Indonesia dan Timor Leste, dilaporkan roboh diterjang banjir dan longsor.

Jembatan tersebut menghubungkan Pos Perlintasan Motamasin di  Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur dengan Distrik Kovalima, Timor Leste.

“Ujung jembatan roboh karena terjadi longsor di sekitar jembatan longsor akibat banjir,” kata Anggota DPRD NTT Jefry Un Banunaek Sabtu (17/1). Jefri dan anggota DPRD lainnya baru saja kembali dari kunjungan kerja ke wilayah dan melihat kondisi jembatan yang roboh.

Menurutnya badan jembatan mulai retak sejak dua tahun terakhir yang juga disebabkan banjir. Karena belum direnovasi, pada musim hujan tahun ini kerusakan jembatan bertambah parah. Ia mengatakan jembatan yang memiliki panjang sekitar 30 meter roboh di bagian ujung sehingga sebagian besar badan jembatan jatuh ke sungai.

Baca Juga :  Kisah Perang Enam Hari Israel-Arab

Akibatnya kendaraan dari Indonesia dan Timor Leste tidak bisa melintas, kecuali warga yang melewati bagian jembatan yang ambruk tersebut. Sebelum roboh, menurut Jefry, sekitar 10-15 kendaraan roda empat melewati jembatan ini setiap hari dari Timor Leste serta dari Nusa Tenggara Timur.

Musibah longsor turut memperparah jembatan, namun longsor juga berpotensi mengakibatkan bergesernya batas negara. Pasalnya batas negara di wilayah itu ditentukan oleh bagian terdalam dari aliran sungai. Jika aliran sungai bergeser ke wilayah Indonesia akibat longsor, membuat batas negara turut bergeser. (sumber: mediaindonesia)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda