Home / Politik / Jelang Pilgub, Nasdem NTT Perkuat Saksi

Jelang Pilgub, Nasdem NTT Perkuat Saksi

Victory-Joss
Victory-Joss

Bagikan Halaman ini

Share Button

 

Kupang–Koalisi tiga partai politik pengusung pasangan calon gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Laiskodat-Josef Nae Soi mempersiapkan pelatihan saksi mulai pekan ini.

Tiga parpol itu ialah Nasdem, Golkar, dan Hanura melatih sekitar 18.342 orang yang bertugas di 9.671 tempat pemunggutan suara (TPS). Sesuai aturan Komisi Pemilihan Umum, setiap TPS ditempati dua saksi.

Menurut dia, sesuai aturan Komisi Pemilihan Umum (KPU), pasangan calon dapat menyiapkan dua orang saksi pada setiap tempat pemungutan suara (TPS).

Sekretaris Tim Pemenangan Viktor-Joss, Honing Sani mengatakan saksi menjadi ujung tombak pasangan calon gubernur guna menghindari kecurangan saat pemunggutan dan perhitungan suara.

Saksi bertugas mengawal seluruh tahapan pemunggutan suara dan perhitungan suara. Mereka harus memastikan suara yang di dalam kotak suara terjaga dengan baik.
“Prinsipnya menjadi saksi untuk semua proses pilkada di TPS dan mendapatkan dokumen hasil pilkada model C1 KWK,” kata Honing Sani di Kupang, Minggu (3/6).

Baca Juga :  3.427 Warga Kota Kupang Coblos Pakai Suket

Menurut Honing, pasangan calon gubernur lainnya juga mempersiapkan saksi sehingga diharapkan pelaksanaan pemilihan gubernur serta bupati dan wakil bupati di 10 kabupaten di NTT berjalan aman dan lancar.

Pelatihan saksi dilakukan oleh Komisi Saksi Nasdem (KSN) yang telah menjalani training of trainer (ToT) saksi. Saksi tersebut juga bertugas mengawal kemenangan Nasdem pada Pemiliu 2019.

Sebelumnya Viktor mengingatkan tentang ancaman terhadap pencurian suara terutama di TPS yang terletak di pedalaman daerah itu. Karena itu, saksi diingatkan tidak tertidur atau menengah minuman keras saat pemunggutan dan perhitungan suara. “Saksi sangat penting karena sehebat apapun calon, kalau saksi lemah, akan sia-sia,” katanya. (sumber: media indonesia/palce)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda