Home / Dunia / Jangan Lewatkan Gerhana Bulan Merah Darah Malam Ini

Jangan Lewatkan Gerhana Bulan Merah Darah Malam Ini

Bagikan Halaman ini

Share Button
Gerhana Bulan Darah

Gerhana Bulan Darah

London–Untuk pertama kalinya kurun waktu 30 tahun, gerhana bulan merah darah atau lebih dikenal istilah supermoon blood akan muncul di langit Inggris malam ini sekitar pukul 01.10 waktu setempat.

Pada jam tersebut bulan benar-benar berada dalam bayangan terjadi pada pukul 03:11-04:24 waktu setempat. Gerhana akan berakhir ketika bulan meninggalkan bayangan bumi pukul 06:24. Terakhir kali supermoon bertepatan dengan gerhana bulan terjadi tahun 1982 dan tidak terjadi lagi sampai 2033.

Supermoon blood itu diklaim sangat spektakuler. Sebab, gerhana bulan bertepatan bulan berada pada perigee-nya. Titik terdekat dengan Bumi di hanya 226.000 mil.

Selain itu, gerhana tersebut akan membuat bulan berwarna merah tua. Itu karena, cahaya yang dihamburkan atmosfer bumi bergerak di depan matahari.

Baca Juga :  Patung Lilin Presiden Jokowi di Hongkong Mirip 99%

Sisi menarik lainnya supermoon blood adalah tetrad. Maksudnya, gerhana bulan itu tidak biasa dari total empat gerhana dalam enam bulan terakhir. Tetrad hanya terjadi tiga kali dalam 500 tahun terakhir

Terkait gerhana bulan merah darah, kelompok agama yangpercaya pada astrologi mengklaim, kemunculan gerhana tersebut menandakan akhir jaman telah dekat.

Apakah dunia ini akan berakhir atau tidak, fenomena ini layak untuk dinikmat. Astronom amatir terkemuka Robin Scagell dikutip dari Metro.co.uk, Sabtu (26/9/2015) mengatakan, ketika supermoon blood terjadi cuaca diperkirakan cerah. Gerhana lebih nyaman dipandang menggunakan teropong.

Tidak seperti gerhana matahari, gerhana bulan benar-benar aman diamati melalui teropong atau teleskop kecil. Disinggung bulan menjadi warna merah Scagell menyatakan, atmosfer Bumi menyebarkan cahaya lebih biru,.Sehingga, cahaya yang mencapai permukaan bulan didominasi merah.

Baca Juga :  Arab Saudi Bekukan Semua Layanan Penerbangan ke Iran

Pengamatan dari Bumi melihat bulan mungkin bewarna merah bata, berkarat, merah darah, atau kadang-kadang abu-abu gelap tergantung pada kondisi atmosfer. (metro.co.uk)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda