Home / Timor / Jalan Ambles, Akses ke 8 Kecamatan di Kupang Putus

Jalan Ambles, Akses ke 8 Kecamatan di Kupang Putus

Ilustrasi Jalan Ambles
Ilustrasi Jalan Ambles

Bagikan Halaman ini

Share Button

Oelamasi–Ruas jalan yang menghubungkan Oelamasi, ibu kota Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur dengan delapan kecamatan di daerah itu putus sejak, Kamis (9/2) malam.

Delapan kecamatan itu ialah Amfoang Selatan, Amfoang Barat Daya, Amfoang Barat Laut, Amfoang Timur, Amfoang Utara, Amfoang Tengah, Fatuleu Tengah, dan Fatuleu Barat,

Bupati Kupang Ayup Titu Eki mengatakan jalan putus terjadi di tiga titik yakni di Desa Oelbiteno, Kecamatan Fatuleu Tengah, dan dua titik lagi berdekatan di Desa Tanini, Kecamatan Takari.

“Kendaraan roda dua dan roda empat tidak bisa lewat karena jalan ambles dengan kedalaman satu sampai dua meter dan panjang di tiap titik mencapai belasan meter,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (10/2).

Baca Juga :  Warga Airmata Minta Air Bersih dan Benahi Pelayanan Posyandu

Putusnya ruas jalan yang biasa disebut Poros Tengah ini mengakibatkan akses dari dan ke wilayah Amfoang yang berbatasan dengan Timor Leste tersebut putus total. Akhir Januari lalu, jalan poros selatan menuju Amfoang juga putus karena sekitar 80 sungai di wilayah itu meluap.

“Kalau jalan di poros tengah ini putus, akses ke enam kecamatan di wilayah Kabupaten Kupang akan sulit dijangkau,” ujarnya. Jalan ambles akibat hujan lewat yang mengguyur wilayah itu selama hampir dua minggu.

Bupati Ayup mengatakan telah memerintahkan Kepala Dinas PU Kabupaten Kupang membangun jalan alternatif secepatnya sehingga arus transportasi kembali lancar. Ruas jalan ini dibangun menggunakan dana APBN untuk meretas isolasi wilayah di wilayah perbatasan negara.

Baca Juga :  Banjir Tutup Akses Menuju 6 Kecamatan di Amfoang

Dia berharap pekerjaan pembangunan jalan alternatif dipercepat sehingga tidak menganggu distribusi barang terutama sembako menuju Amfoang serta pengiriman hasil bumi dari petani ke pasar tradisional di Kota kupang. (sumber: media indonesia/palce amalo)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda