Home / Hukum / Jaksa di Kejati NTT Ditangkap Karena Jual Barang Bukti Kasus Korupsi

Jaksa di Kejati NTT Ditangkap Karena Jual Barang Bukti Kasus Korupsi

Aset PT. Sagared Cabang Kupang di Jalan WJ Lalamentik, Kupang. Gedung ini dipotret pada Tahun 2007/Foto: Gamaliel Amalo
Aset PT. Sagared Cabang Kupang di Jalan WJ Lalamentik, Kupang. Gedung ini dipotret pada Tahun 2007/Foto: Gamaliel Amalo

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Gara-gara menjual aset negara milik kejaksaan, DRL, seorang Jaksa pada Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur (NTT) ditangkap dan langsung ditetapkan menjadi tersangka.

Jaksa Lede diyakini menjadi otak penjualan aset negara seperti gedung Sagared, tanah merupakan hasil sitaan dalam kasus korupsi yang melibatkan terpidana Adrian Waworuntu

“Sedikitnya total dana yang dinikmati tersangka Lede adalah Rp 5 Miliar. Dia (DRL) adalah otak dari kasus korupsi penjualan aset negara,” papar Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Humas Kejati NTT, Ridwan Angsar kepada sejumlah wartawan, di Kupang Senin (11/1/2016).

Semua barang sitaan itu, lanjut Ridwan, sudah dilelang sebanyak dua kali namun gagal. Saat itulah DRL mengajukan surat untuk mengamankan barang sitaan tersebut.

Baca Juga :  Warga Dua Kampung di Manggarai Bentrok

Namun, barang sitaan yang berupa gudang, tanah dan sejumlah barang berharga lainnya dijual tanpa sepengetahuan pimpinan dan tanpa melalui proses lelang. Aksi itulah yang membuat DRL dianggap bersalah dan harus mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Ridwan mengatakan, Kejati NTT juga telah menetapkan PW sebagai tersangka dalam kasus yang sama.

Paul merupakan pembeli aset negara yang dijual oleh Lede. Meski telah ditetapkan sebagai tersangka, namun Lede belum ditahan karena masih memeriksakan kesehatannnya di rumah sakit.

Berdasarkan pantauan pada Senin malam, terlihat DRL masuk ke ruang UGD RSU Kota Kupang dan diawasi langsung tujuh orang staf Kejati NTT. “Masih cek kesehatannya dan kalu tidak sakit maka kita langsung tahan dia,” kata Ridwan. (gma/ sumber: kompas.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda