Home / Nasional / Investor Tiongkok Tertarik Kelola Air Baku di Kali Liliba dan Dendeng

Investor Tiongkok Tertarik Kelola Air Baku di Kali Liliba dan Dendeng

Bagikan Halaman ini

Share Button
Jumpa Pers Wali Kota Kupang Jonas Salean dan Presiden Direktur Western Star Technologi  Wang Shi Shen/Foto: Elya Djawas

Jumpa Pers Wali Kota Kupang Jonas Salean dan Presiden Direktur Western Star Technologi Wang Shi Shen/Foto: Elya Djawas

Kupang—Lintasntt.com: Masih ingat kunjungan Wali Kota Kupang Jonas Salean dan Direktur PDAM Noldy Mumu ke Tiongkok?

Lokasi yang dikunjungi ialah Perusahaan Western Star Technologi yang bergerak di bidang penyediaan air bersih, air kemasan, infrastruktur, dan perkapalan.

Kunjungan itu bertujuan teknologi penyediaan air bersih yang dilakukan perusahaan itu dapat diterapkan di Kota Kupang untuk mengatasi kelangkaan air yang terjadi sepanjang kemarau.

Pada Sabtu (31/10) Presiden Direktur Western Star Technologi  Wang Shi Shen datang ke Kupang untuk menindaklanjuti kesepakatan dalam kunjungan tersebut. Wang tidak datang sendiri, ia datang bersama Perwakilan Western Star Technologi Indonesia Zhang Jie Ming, dan Direktur PT Cahaya Asia Timur  Iskandar Wibisono.

Baca Juga :  Unjuk Rasa Tuntut Adili Ahmad Dhani Hingga Bubarkan FPI di NTT

Begitu tiba di Kupang, Wang bersama wali kota dan sejumlah pejabat di Kota Kupang berkunjung ke sejumlah lokasi untuk melihat potensi pengelolaan air bersih yang diharapkan bisa menjadi solusi kelangkaan air bersih di kota ini.

Dari kunjungan tersebut, Wang tertarik dengan Kali Liliba dan Kali Dendeng karena dapat dibendung untuk menampung air pada musim hujan. Air yang ditampung di situ diolah menjadi air bersih menggunakan teknologi yang didatangkan dari Tiongkok.

Dalam jumpa pers di Hotel Aston, Wang mengatakan Kali Dendeng dan Kali Liliba punya potensi besar penyediaan air baku. Tidak itu saja. Ia juga tertarik melakukan pemurnian air laut menjadi air tawar, membangun pabrik semen, dan pembuatan aspal yang mutunya lebih baik dari aspal di Kupang.

Baca Juga :  Jokowi: "Papa Minta Pulsa" Diganti Jadi "Papa Minta Saham"

“Dari hasil  survei kami menemukan aspal yang ada mutunya kurang baik dan kami melirik untuk membuat pabrik aspal,” katanya

Wali Kota Kupang Jonas Salean mengatakan masalah utama yang ada di Kota Kupang adalah air bersih, penerangan dan infstruktur jalan. Tetapi masalah air bersih masih menjadi kendala utama menyusul persoalan pembangunan bendungan kolhua tidak pernah tuntas.

“Masalah penyediaan air bersih bagi masyarkat masih menjadi kendala utama pemerintah sehingga pemkot akan melakukan segala cara, termasuk bermitra dengan perusahan yang bisa mencari jalan keluarnya, “ujarnya. (rr)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda