Home / Nasional / Ini Kronologi Temuan Pesawat Tanpa Awak di Sumba

Ini Kronologi Temuan Pesawat Tanpa Awak di Sumba

Bagikan Halaman ini

Share Button
Drone

Drone

Kupang—Lintasntt.com: Kepala Bidang Humas Polda NTT Ajun Komisaris Besar Agus Santoso mengatakan pesawat tanpa awak (drone) jenis quadcopter (quad rotor helicopter).yang jatuh di Kabupaten Sumba Barat Daya, telah diamankan satuan brimob.

Pesawat berwarna putih merek Phantom buatan Amerika itu dilengkapi satu kamera mini merek Hero 3 plus, antena wireless dan GPS

Pesawat ditemukan oleh Bani Niga, 39, dan Agustinus Ngongo Bili, 36 asal Desa Totok pada pertengahan Februari lalu ketika sedang berburu hewan liar di kawasan Hutan Tiluwata, Desa Bondologi, Kecamatan Loura.

“Setelah menemukan drone, Bani dan Agustinus berniat menjual seharga Rp1,5 juta ke sebuah counter HP. Namun pemilik counter HP tidak bersedia membeli,” ujarnya kepada lintasntt.com, Sabtu (7/3). Padahal harga drone jenis ini antara Rp15 juta sampai Rp16 juta per unit.

Baca Juga :  Kronologi Hilangnya 7 Gadis Jepang di Bali

Karena tidak ada warga yang bersedia membeli drone, mereka menyimpan di rumah hingga bertemu seorang anggota brimob bernama Aiptu Anton S Raja (Pasi Ops Subden A Gegana).

Ketika itu Bani memperlihatkan foto drone. Dari situ brimbo mengambil drone dan membawanya ke markas. Namun sampai Sabtu video yang terekam di memori kamera belum bisa dibuka karena terkunci menggunakan kata sandi. Polisi tengah minta bantuan untuk biasa membuka kata sandi tersebut.

“Kelebihan drone ini adalah bisa melakukan lock GPS (Global Positioning System) sehingga saat drone hilang, signal remote kontrol lebih kurang 500 meter akan kembali ke titik asal,” kata Dia. (gama)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda