Home / Nasional / Inflasi di Kupang Dipicu Beras dan Tiket Pesawat

Inflasi di Kupang Dipicu Beras dan Tiket Pesawat

Bagikan Halaman ini

Share Button
Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Nusa Tenggara Timur (NTT) Naek Tigor Sinaga/Foto: Gamaliel

Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Nusa Tenggara Timur (NTT) Naek Tigor Sinaga/Foto: Gamaliel

Kupang–Lintasntt.com: Inflasi di Kota Kupang selama Oktober 2015 sebesar 0,33 persen paling banyak disebabkan naiknya harga tiket pesawat beras.

Sumbangan inflasi dari penaikan harga tiket sebesar 0,12% dan penaikan harga beras sebesar 0,09 persen. Inflasi sebesar itu mencapai sepertiga dari inflasi Kota Kupang.

Angka itu memang di bawah nasional yang mengalami deflasi sebesar 0,08%. Akan tetapi Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Nusa Tenggara Timur (NTT) Naek Tigor Sinaga mengatakan angka tersebut mendekati angka nasional.

“Tadinya inflasi NTT cukup jauh dari nasional, tetapi sekarang semakin dekat dengan nasional,” ujarnya kepada wartawan, Senin (2/11).

Baca Juga :  Rayakan HUT Polri, Satu Penerjun Gagal Mendarat

Peningkatan arus penumpang dari daerah lain ke Kupang diyakni menjadi pemicu naiknya harga tiket pesawat. Sedangkan penaikan harga beras masih perlu diselidiki.

Hal ini untuk mengantisipasi harga beras melonjak pada November dan Desember apalagi jelang perayaan natal dan tahun baru. Kepala BPS NTT Anggoro Dwitjahyono mengatakan umum inflasi NTT masih lebih rendah dari Nasional tahun 2015 sebesar 1,69 NTT dan secara Nasional 2,15.(gma/rr)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda