Home / Dunia / Indonesia Kirim 5 KRI Bantu Pencarian Pesawat Malaysia Airlines

Indonesia Kirim 5 KRI Bantu Pencarian Pesawat Malaysia Airlines

Bagikan Halaman ini

Share Button
KRI Krait-827

KRI Krait-827

Jakarta— Pemerintah Indonesia telah mengirim lima Kapal Republik Indonesia (KRI) guna mendukung pencarian dan pertolongan terhadap hilangnya pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370, Sabtu dinihari (8/7).

Lima KRI itu adalah KRI Sutanto-377, KRI Krait-827, KRI Matacora-823, KRI Tarihu-829, KRI Siribua-859, dan 1 Pesawat intai maritim. “TNI AL juga telah mengirim pasukan khusus untuk SAR,” ujar Kepala Dinas Penerangan TNI AL, Laksamana Pertama Untung Suropati kemarin, Minggu (8/3).

Menurut Untung, kelima KRI dan satu pesawat intai itu sudah berangkat sejak Minggu pagi kemarin, dan diperkirakan telah tiba di lokasisekitar pukul 10.0 – 11.00. “Saya dikabari kapal-kapal kita sudah melintasi garis batas utara Selatan Malaka,” terangnya.

Baca Juga :  Bekin Haru, Angsa Jantan dan Betina Ciuman Sebelum Dibunuh

Untung Suropati menyebutkan, Indonesia bergabung dengan lima negara lainnya, yakni RRC, Vietnam, Singapura, Filiphina, dan Amerika Serikat untuk mencari pesawat Malaysia Airlines.

Seperti dilansir dari situs resmi Setkab RI, Menko Polhukam, Djoko Suyanto mengatakan, Panglima Tentara Malaysia telah berkomunikasi dan meminta bantuan kepada pemerintah RI melalui Panglima TNI, KSAL daan KSAU untuk dukungan pencarian dan pertolongan.

Menurut Menko Polhukam, TNI telah merespon permintaan itu dengan baik, dan segera deploy untuk perbantuan SAR. ”Unsur-unsur TNI yang akan terlibat nantinya akan berkoordinasi dengan otoritas Malaysia,” ungkap Djoko.

Pesawat maskapai Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 hilang kontak setelah terbang dari Kuala Lumpur pada pukul 00.40 (Sabtu, 8/3). Kontak hilang diperkirakan pada pukul 02.40 waktu setempat, atau dua jam setelah lepas landas. Pesawat B777-200 yang terbang dari Kuala Lumpur menuju Beijing, China (sumber:  rmol.co)

Baca Juga :  Pemuda Kupang Turunkan Spanduk 'Tolak Miss World'

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda