Home / Dunia / Indonesia-Australia Kerjasama Bidang Maritim

Indonesia-Australia Kerjasama Bidang Maritim

Foto: Kementerian Pertahanan RI
Foto: Kementerian Pertahanan RI

Bagikan Halaman ini

Share Button

Jakarta–Pemerintah Indonesia dan Australia sepakat untuk menandatangani rencana aksi kerja sama di bidang maritim.

Penandatanganan tersebut dilakukan setelah dilakukannya pertemuan bilateral Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bertemu dengan Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop dan Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu dengan Menteri Pertahanan Australia Marise Payne pada Jumat (16/3/2018).

Rencana Aksi Kerja Sama Maritim menetapkan agenda ambisius untuk memperkuat dan memperluas keterlibatan maritim kita.

Hal ini juga meneruskan komitmen yang dibuat oleh Perdana Menteri Turnbull dan Presiden Widodo dalam kunjungan Presiden Widodo ke Australia tahun lalu untuk meningkatkan kerja sama maritim.

Rencana tersebut mencakup 85 kegiatan terpisah yang melibatkan 17 institusi Australia dan 20 institusi Indonesia.

Baca Juga :  Medah Promosikan Pariwisata NTT di Italia dan Vatikan

Rencana ini akan mendorong peningkatan kerja sama bilateral di seluruh prioritas yakni pembangunan ekonomi, keamanan maritim, memerangi penangkapan ikan ilegal, keselamatan, pencarian dan penyelamatan laut, kolaborasi ilmu kelautan, pengelolaan sumber daya kelautan yang berkelanjutan, warisan budaya maritim dan bekerja sama dalam forum regional dan multilateral.

Australia dan Indonesia adalah mitra maritim alami yang berbagi salah satu batas maritim terpanjang di dunia. Kami memiliki keamanan dan ekonomi maritim yang luas dan saling melengkapi.

Pengumuman Rencana ini mencerminkan tingginya prioritas Australia dan Indonesia dalam masalah maritim dan komitmen bersama untuk bekerja sama dalam menanggapi tantangan yang dihadapi di wilayah maritim.

Australia hari ini juga mengumumkan sebuah inisiatif baru, Prakarsa Pengembangan Kapasitas Maritim bilateral empat tahun di Indonesia untuk mendukung pelaksanaan Rencana tersebut. Dengan inisiatif ini Australia akan meningkatkan alokasi sumber daya untuk membantu memperkuat kemampuan maritim Indonesia. (siaran pers)

Baca Juga :  Belum Paham Brexit? Ini Penjelasannya..

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda