Home / Nasional / Ibrahim Medah dan Menteri PU Kunjungi Korban Gempa Alor

Ibrahim Medah dan Menteri PU Kunjungi Korban Gempa Alor

Bagikan Halaman ini

Share Button
Ibrahim Medah (pertama dari kanan), Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono (mengenakan topi)

Ibrahim Medah (pertama dari kanan), Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono (mengenakan topi)

Kalabahi–Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Ibrahim Medah bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengunjungi korban gempa di Kecamatan Alor Timur, Kabupaten Alor, Selasa (10/11).

Keduanya melihat langsung kondisi pengungsi yang masih bertahan di tenda darurat serta kondisi infrastruktur yang porak-poranda akibat gempa berkekuatan 6,2 SR pada 4 November 2015.

Saat ini ribuan pengungsi masih bertahan di tenda-tenda pengungsian. Warga belum bersedia kembali ke rumah mereka karena masih terjadi gempa susulan.

Medah dan Basuki merupakan dua pejabat pertama yang berkunjung ke lokasi gempa di Alor setelah kunjungan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Jumat (6/11) atau dua hari pasca gempa.

Baca Juga :  Bendera Kiriman Soekarno dan Sengketa Batas Negara

Pada kesempatan tersebut, Menteri Basuki janji setelah kembali ke Jakarta, ia langsung mengirim bantuan tanggap darurat ke Alor. Jika bantuan tersebut tiba, merupakan bantuan tanggap darurat kedua setelah bantuan uang Rp250 juta yang diserahkan oleh kepala BNPB saat kunjungan Jumat pekan lalu.

“Penanganan dampak gempa Alor bertahap. Tahap pertama penanganan darurat dan berikutnya adalah penanganan pasca bencana yaitu rehabilitasi,” kata Basuki ketika berdialog dengan para korban gempa. Setelah tahap tanggap darurat berakhir, menurut Basuki, pada tahap rehabilitasi, seluruh bangunan yang rusak dibangun kembali, mulai dari rumah penduduk, rumah ibadah, jalan, jembatan, gedung sekolah, dan perkantoran.

Sementara itu Medah mengaku salut dengan respon cepat yang dilakukan Menteri Basuki. Medah mengaku terus berkoordinasi bersama Menteri Basuki agar bantuan yang dijanjikan tersebut segera dicairkan untuk dibawa ke Alor.

Baca Juga :  Pastor Albret Diserang Teroris IAH dengan Pisau

“Saudara semua tetap semangat dan kuat menghadapi
bencana ini. Semua ini rencana Tuhan dan Tuhan juga pasti menggerakkanhamba-hamba-Nya untuk mendatangkan bantuan,” ujarnya. (sumber: mi/gma/lbt)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda