Home / Humaniora / Hati-hati, Cium Anjing Bisa Tertular Infeksi Mematikan

Hati-hati, Cium Anjing Bisa Tertular Infeksi Mematikan

Mencium Anjing
Mencium Anjing

Bagikan Halaman ini

Share Button

SEBAIKNYA jangan asal ciuman sama anjing. Memang, mencium anjing adalah tanda kalau kamu menyayanginya, tapi potensi untuk tertular infeksi mematikan juga perlu kamu perhatikan.

Dikutip brilio.net dari Wittyfeed, Rabu (13/7), mulut anjing itu tak sepenuhnya bersih.

Salah satu kebiasaan anjing adalah bermain di dekat sampah atau bahkan dengan kotorannya sendiri. Sudah pasti hidung dan mulut anjing akan penuh bakteri dan kuman.

Profesor John Oxford, emeritus profesor virologi dan bakteriologi di Queen Mary, University of London dan seorang ahli dalam mikrobiologi, mengatakan bahwa tak peduli seberapa bersih dan segar anjingnya, ia tak akan membiarkan anjing menjilat wajahnya.

“Tak hanya karena alasan air liur. Anjing menghabiskan setengah hidup mereka untuk mengendus sudut-sudut kotor atau di atas kotoran anjing sehingga moncong mereka penuh dengan bakteri, virus, dan kuman dari segala macam patogen jahat termasuk Salmonella dan Campolybacter,” kata dia.

Baca Juga :  SAR Temukan Tas Milik Korban Perahu Tenggelam

Infeksi yang bisa membahayakan kesehatan manusia ialah:

1. Anjing dapat menularkan infeksi jamur kulit pada anak-anak maupun orang dewasa, termasuk kurap atau biasa disebut dengan istilah ring worm seperti ini.

2. Staphylococcus aureus adalah infeksi mematikan lainnya yang cukup banyak menakutkan untuk dilihat. Bakteri inilah yang menyebabkan infeksi MRSA (methicillin-resistant staphylococcus aureus).

3. Terinfeksi jenis bakteri yang disebut Capnocytophaga canimorsus juga tak kalah menyeramkan. Bakteri ini biasa ditemukan di mulut anjing dan kucing. (brilio)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda