Home / Nasional / Hati-Hati, Angin Kencang 55 Kilometer per Jam Terjang NTT

Hati-Hati, Angin Kencang 55 Kilometer per Jam Terjang NTT

Ilustrasi Angin Kencang/Foto: Feldavoice
Ilustrasi Angin Kencang/Foto: Feldavoice

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga mewaspadai angin kencang berkecepatan 55 kilometer per jam menerjang Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis, 12 Mei 2016.

Dikutip dari situs BMKG disebutkan wilayah yang dilanda angin kencang ialah Pulau Timor, Sumba, Rote, dan Sabu.

Angin kencang terjadi karena sirkulasi siklonik di Samudera Hindia barat daya Lampung dan utara Kalimantan Barat yang mengakibatkan wilayah pertemuan angin yang memanjang dari Riau hingga Pesisir Barat Sumatera bagian selatan

Belokan angin terdapat di wilayah Sumatera Barat, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Tengah. Suhu muka laut umumnya berkisar antara 27-30 derajat Celcius

Anomali suhu muka laut minus 0,5 sampai plus satu derajat celcius dengan anomali positif berada di Samudera Hindia barat Sumatera hingga selatan Jawa. Kemudian Selat Malaka, Laut Cina Selatan, Peraiaran Kep. Anambas, Selat Malaka, Laut Jawa, Selat Sunda, Selat Makassar, Laut Sulawesi, Laut Banda, Laut Bali, Laut Flores, Laut Sawu, Laut Timor, Laut Seram, Laut Arafuru, dan Teluk Cenderawasih.

Baca Juga :  Pengungsi Rokatenda Capai 511 Orang

Angin gradien di wilayah Indonesia umumnya bertiup dari Timur Laut – Timur dengan kecepatan angin berkisar antara 5-63 km/jam. Kecepatan angin tertinggi terjadi di Laut Arafuru dan Laut Timor. (gma)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda