Home / Bisnis / Harga Ikan Segar di Kupang Naik 100%

Harga Ikan Segar di Kupang Naik 100%

Nelayan Oeba/Foto: Gamaliel
Nelayan Oeba/Foto: Gamaliel

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Harga ikan segar di tempat pelelangan ikan (TPI) Oeba, Kupang, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (18/6), melonjak sampai 100% akibat cuaca buruk yang memaksa sebagian besar nelayan tidak melaut.

“Hasil tangkapan nelayan sangat berkurang dari biasanya sehingga harga ikan naik,” kata Martin, pedagang ikan setempat.

Ikan cakalang ukuran besar naik dari Rp60 ribu per ekor menjadi Rp120 ribu per ekor. Sedangkan cakalang ukuran kecil dijual Rp45 ribu per ekor naik dari harga Rp20 ribu per ekor.

Martin mengatakan mahalnya harga ikan bukan permainan harga di tingkat pedagang. Harga ikan naik dari nelayan.

Di tingkat nelayan, harga ikan cakalang ukuran besar dijual Rp100 ribu per ekor, kemudian dijual ke konsumen seharga Rp120 ribu per ekor.

Baca Juga :  BI Gelar Pelatihan Wartawan Ekonomi Seluruh Indonesia

“Mau bagaimana lagi. Harga ikan mahal,” keluhnya.

Saat ini, hampir sebagian besar nelayan tidak melaut karena tinggi gelombang di perairan masih mencapai tiga meter. Kondisi itu mengakibatkan nelayan yang kebanyakan memiliki perahu bertonase 10 GT tidak melaut.

Ama, pedagang ikan lainnya, menjual ikan kakap merah seharga Rp250 ribu per ekor-Rp275 ribu per ekor sesuai ukuran. Sebelum terjadi penaikan harga ikan, kakap merah dijual di bawah Rp200 ribu per ekor.

Adapun kakap putih ukuran kecil naik dari Rp100 ribu per ekor menjadi Rp200 ribu per ekor.

Dia mengatakan harga ikan akan kembali normal jika harga cuaca di perairan kembali normal dan seluruh nelayan kembali melaut.

Baca Juga :  Inilah 4 Mitos Klasik yang Membuat Orang Enggan Menggunakan Kartu Kredit

Adapun nelayan yang tidak melaut berasal dari sejumlah wilayah seperti Tenau, Namosain, Oeba, dan Oesapa. (mi/palce amalo)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda