Home / Bisnis / Harga Cabai Kembali Meroket di Kupang

Harga Cabai Kembali Meroket di Kupang

Bagikan Halaman ini

Share Button
Pedagang melayani pembeli di pasar Kasih, Kupang, Senin (11/5). Foto: Gamaliel

Pedagang melayani pembeli di pasar Kasih, Kupang, Senin (11/5). Foto: Gamaliel

Kupang—Lintasntt.com: Harga cabai kembali meroket di Pasar Tradisional Kasih, Kupang, Nusa Tenggara Timur, Senin (11/5).

Penaikan itu dipicu berkurangnya pasokan cabai dari petani ke pasar. Sesuai pantauan, harga cabai rawit yang semula dijual Rp45.000 per kilogram (kg) kini sudah mencapai Rp65.800 per kg.

Sedangkan, cabai merah biasa merah biasa naik dari Rp40.000 menjadi Rp45.000 per kg. “Kami tidak ingin harga cabai naik, tetapi kenaikan ini berawal dari pemasok cabai,” kata Efri Bengan, pedagang cabai di pasar setempat seperti dikutip media indonesia.

Ia mengatakan selama lebih dari satu pekan, tidak ada pasokan cabai dari petani di wilayah Kabupaten Kupang dan Timor Tengah Selatan yang selama ini memasok cabai ke pasar tradisional di Kota Kupang. Cabai yang dijual saat ini dipasok dari daerah lain dengan harga yang lebih mahal.

Baca Juga :  Gubernur Klaim Tingkat Kemiskinan di NTT Menurun

Kondisi seperti ini menurut Dia, membuat harga cabai jelang puasa naik lagi. “Tidak mungkin harga cabai turun kalau pasokan ke pasar berkurang,” kata Dia.

Namun pedagang telah mensiasati penaikan harga tersebut dengan membagi cabai dalam ukuran kecil dan dijual dengan harga yang lebih murah antara lain Rp5.000 untuk cabai dalam ukuran kaleng kecil, atau Rp10 ribu dengan ukuran kaleng yang lebih besar. (gamaliel/mi)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda