Home / Sumba / Hama Belalang Ganggu Penerbangan di Sumba Timur

Hama Belalang Ganggu Penerbangan di Sumba Timur

Hama Belalang Terbang Melintasi Kota Waingapu, Sumba Timur, Minggu (11/6). Foto: Tunggu Takandjandji untuk Lintasntt.com
Hama Belalang Terbang Melintasi Kota Waingapu, Sumba Timur, Minggu (11/6). Foto: Tunggu Takandjandji untuk Lintasntt.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang—Serangan hama belalang pada tanaman pertanian di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur mengganggu penerbangan di Bandara Umbu Mehang Kunda.

Bupati Sumba Timur Gideon Mbilijora mengatakan pesawat Nam Air sempat menuda pendarataan selama beberapa menit. Peristiwa itu terjadi dua hari lalu.

“Beruntung mayoritas petani sudah selesai panen padi sehingga serangan hama belalang tidak terlalu berpengaruh. Tetapi tanaman lain terkena serangan,” kata Gideon saat dihubungi dari Kupang, Minggu (11/6) malam.

Seorang warga Waingapu, Tunggu Takandjandji mengatakan belalang terbang melintasi bandara Umbu Mehang Kunda. Saat ini konsentrasi belalang di sejumlah wilayah di Kecamatan Kota Waingapu antara lain Wangga, Payeti, dan Maubokul.

Menurut Dia, hama muncul karena padang rumput yang selama ini menjadi area makanan bagi belalang, dibakar warga. Dampaknya belalang bermigrasi ke areal pertanian untuk mencari makan.

Baca Juga :  Hati-hati, Gempa Sumba Menyebabkan Tanah Turun 20 Sentimeter

“Tanaman pertanian seperti padi di Wangga dan Maubokul ludes dimakan hama belalang. Saya perkirakan areal pertanian yang dimakan belalang mencapai puluhan hektare,” kata Tunggu Takandjandji

Humas PT Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang Rahmad Alhadi mengatakan pihaknya belum menerima laporan terjadi gangguan penerbangan di bandara Umbu Mehang Kunda terkait serangan hama belalang di daerah itu. “Belum ada info soal gangguan penerbangan,” ujarnya. (gma/mi)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda