Home / Humaniora / Gubernur NTT Tinjau Pelaksanaan UN SMA

Gubernur NTT Tinjau Pelaksanaan UN SMA

Bagikan Halaman ini

Share Button
Gubernur Berdialog dengan peserta UN di SMA Giovanni Kupang/Foto: Humas

Gubernur Berdialog dengan peserta UN di SMA Giovanni Kupang/Foto: Humas

Kupang—Lintasntt.com: Gubernur Nusa Tenggara Timur, Drs. Frans Lebu Raya melakukan pemantauan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di sejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Kupang, Senin, (13/4).

Turut mendampingi dalam pemantauan pelaksanaan Ujian Nasional tersebut Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Drs. Sinun Petrus Manuk, Walikota Kupang Jonas Salean, beberapa anggota Komisi V DPRD Provinsi NTT, Wakil Ketua DPRD Kota Kupang, Anggota DPRD Kota Kupang serta Asisten Administrasi Umum Kota Kupang.

Dari tiga sekolah yang dikunjungi oleh Gubernur NTT, yakni SMKN 1 Kupang, SMAK Giovani Kupang dan SMAN 3 Kupang hanya SMKN 1 Kupang yang telah melakukan ujian nasional berbasis komputer sedangkan dua sekolah lainnya masih menggunakan sistem manual.

Baca Juga :  Gereja Paulus Inbate di Timor Tengah Utara Ditahbiskan

Sekolah lain masih menggunakan sistem manual sedangkan SMKN 1 Kupang telah menerapkan ujian nasional berbasis komputer,” tandas gubernur. Di setiap kelas jumlah peserta ujian hanya 20 orang dengan masing-masing soal yang berbeda. Jadi kalau ada yang bilang nyontek tidak bisa? lanjut gubernur Frans Lebu Raya.

Pada Bagian lain Gubernur NTT berpendapat bahwa meskipun penentuan kelulusan dilakukan oleh pihak sekolahberdasarkan tiga penilaian yaitu nilai raport, nilai ujian sekolah dan nilai ujian nasional, namun ia juga berharap agar kepala sekolah dan para guru bersikap jujur dan objektif dalam penentuan kelulusan karena jika kita tidak jujur dan tidak objektif sama dengan membunuh nasib anak-anak kita.

“Saya percaya bahwa kepala sekolah dan para guru menjaga kredibilitas sekolah masing-masing,” imbuh Gubernur NTT. Pada tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Drs. Simon Petrus Manuk juga menjelaskan bahwa pendisitribusian soal-soal ujian kepada Kabupaten/Kota se-NTT tidak mengalami masalah. Distribusi soal UN berjalan lancar.

Baca Juga :  Warga Miskin Kota Kupang akan Terima Raskin ke-14

Berdasarkan informasi yang diperoleh, peserta ujian nasional SMKN 1 Kupang sebanyak 407 siswa yang dibagi dalam 3 gelombang, peserta ujian nasional SMAK Giovani sebanyak 237 siswa dan peserta ujian nasional SMAN 3 Kupang sebanyak 451 siswa. Pelaksanaan ujian nasional berlangsung selama tiga hari. (Humas)

 

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda