Home / Hukum / Gubernur NTT Minta Polisi Perketat Pengamanan TN Komodo

Gubernur NTT Minta Polisi Perketat Pengamanan TN Komodo

Gubernur NTT Viktor Laiskodat/Foto: Lintasntt.com
Gubernur NTT Viktor Laiskodat/Foto: Lintasntt.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Gubernur NTT Viktor Laiskodat minta kepolisian daerah setempat turut mengamankan Taman Nasional (TN) Komodo.

Polisi dibutuhkan untuk mengamankan satwa purba Veranus Komodoensis bersama makanannya di Komodo dari kegiatan pencurian oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Saya sudah minta Kapolda NTT untuk lakukan pengawasan dan pengamanan. Ini Wakapolda sudah ada di Labuan Bajo hari ini,” kata Viktor kepada sejumlah wartawan. Saya minta segera inspeksi di kawasan TNK itu,” kata Laiskodat kepada wartawan di Kupang, Kamis (28/4).

Permintaan pengamanan dari polisi menyusul pengungkapan kasus penyelundupan bayi Komodo ke luar negeri, namun berhasil digagalkan Polda Jawa Timur. Pelaku dikabarkan membeli bayi komodo dari Pulau Rinca, di kawasan Taman Nasional Komodo.

Baca Juga :  Potong Dahan, Warga Maulafa Tewas Tersengat Listrik

Menurutnya, pencurian bayi komodo terjadi pengawasan yang dilakukan instansi yang ditugaskan mengelola Komodo minim. Persoalan lain kata gubernur, bisa saja keterbatasan anggaran dan personel. Adapun kasus pencurian bayi komodo, tambah Dia, merupakan ranah polisi. “Siapa pun pelakunya, dalang di balik itu harus segera ditangkap,” tegas Laiskodat.

Menurut Viktor, komodo adalah aset dan kekayaan satu-satunya di NTT sehingga harus dijaga dengan baik, agar jangan sampai dicuri oleh orang-orang tak bertanggung jawab. (mi)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda