Home / Politik / Gita Wirjawan mundur sebagai Menteri Perdagangan

Gita Wirjawan mundur sebagai Menteri Perdagangan

Bagikan Halaman ini

Share Button
Gita Wirjawan/Foto: Viva.co.id

Gita Wirjawan/Foto: Viva.co.id

Lintasntt.com: Gita Wirjawan menyampaikan pengunduran diri sebagai Menteri Perdagangan pada hari ini, Jumat, 31 Januari 2014. Dalam keterangan persnya, Gita berharap keputusannya mundur demi mengikuti tahapan Konvensi Capres Partai Demokrat adalah langkah terbaik.

Sebelumnya, dengan tegas Gita membantah kalau pengunduran diri dari Kabinet Indonesia Bersatu II terkait dengan isu impor beras Vietnam. Dia juga menyampaikan terima kasih atas dukungan keluarga dan rekannya di Kemendag selama ini.

Ini pernyataan lengkap Gita Wirjawan saat jumpa pers di auditorium 1 Gedung Kementerian Perdagangan, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat 31 Januari 2014:

“Saya mengundurkan diri dari Kemendag RI efektif 1 Febuari 2014. Betapa penting konvensi Partai Demokrat bagi kepentingan bangsa, saya rasa selayaknya mencurahkan energi dan waktu menyukseskan upaya mulia ini.

Baca Juga :  Presenter TVOne Pandu Debat Calon di Lembata

Ini merupakan kesadaran etis saya, karena besarnya konflik kepentingan. Terlibat penuh konvensi tapi secara bersamaan masih menjadi menteri, saya rasa tidak baik.

Saya harap ini langkah terbaik, dan jadi Presiden ke depannya demi demokrasi Indonesia. Saya terima kasih kepada keluarga saya yang memberikan dukungan setiap keputusan yang saya ambil. Istri saya, setiap langkah istri dan seluruh anggota keluarga memberi dukungan.

Terima kasih dukungan dan kerjasama seluruh rekan kerja di Kemendag dan rekan-rekan media. Pak Wamen, Sekjen dan 3.000 saudara-saudara saya di Kemendag yang memberi dukungan yang besar, bukan saja sebagai menteri untuk kepentingan mengeluarkan kebijakan, insya allah demi kepentiungan rakyat.

Baca Juga :  Gubernur Minta PPRA Lemhanas Dukung NTT jadi Provinsi Kepulauan

Saya harap kebijakan demi kepentingan nasional, selama masa jabatan termasuk peraturan menteri, termasuk penuntasan RUU Perdagangan, Permendag 70, penyelenggaraan WTO sektor pertanian dan negara miskin, dapat dilanjutkan oleh pejabat pengganti saya.”

Saat ditanya apakah pengunduran diri sudah disetujui Presiden SBY, sambil lalu Gita hanya menggangguk dan tersenyum. Lalu, ia meninggalkan tempat konpres dengan cepat. Gita datang sekitar pukul 11.30 WIB dan hanya 5 menit memberi keterangan.  (sumber: viva.co.id)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda