Home / Dunia / Gempa 7 SR Guncang Jepang, 11 Orang Tewas

Gempa 7 SR Guncang Jepang, 11 Orang Tewas

Gempa Guncang Jepang, Sabtu (16/4) Foto: Reuters
Gempa Guncang Jepang, Sabtu (16/4) Foto: Reuters

Bagikan Halaman ini

Share Button

Tokyo–Gempa berkekuatan 7 kala Richter (SR) yang mengguncang Kumamoto, Jepang, Sabtu, 16 April 2016 mengakibatkan 11 orang tewas dan puluhan orang lainnya ratusan orang luka-luka.

Puluhan orang diduga masih tertimbun puing-puing bangunan sehingga korban jiwa dikhawatirkan bertambah.

Media NHK melaporkan seperti dilansir kantor berita Reuters, 760 orang dirawat di rumah sakit. Namun tidak diketahui berapa orang yang mengalami luka-luka serius.

Menurut Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga, hampir 80 orang diyakini tertimpa reruntuhan bangunan. Pasukan tambahan pun dikerahkan ke lokasi gempa untuk membantu upaya penyelamatan. Hingga Sabtu ini, sebanyak 15 ribu tentara akan dikerahkan, juga aparat polisi, petugas pemadam kebakaran dan paramedis.

Baca Juga :  Soal Matematika Sederhana ini Bekin Heboh Karena Jawaban Siswa yang Tak Diduga

“Kita melakukan semua upaya untuk merespons,” ujar Suga.

Pusat gempa ini berada di dekat kota Kumamoto dan tercatat pada kedalaman sekitar 10 kilometer. Akibat gempa ini, hampir 200 ribu rumah tangga mengalami pemadaman listrik.

Gempa ini terjadi pada Sabtu pukul 01.25 dini hari waktu setempat. Gempa dahsyat ini terjadi menyusul gempa berkekuatan 6 SR mengguncang wilayah Kumamoto pada Kamis (14/4) dan menewaskan 9 orang. (detikcom, nhk, reuters)

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda