Home / Sumba / Gempa 6,6 SR Guncang Sumba Barat, Komunikasi ke Lokasi Terganggu

Gempa 6,6 SR Guncang Sumba Barat, Komunikasi ke Lokasi Terganggu

Foto: BMKG
Foto: BMKG

Bagikan Halaman ini

Share Button

Jakarta–Gempa berkekuatan 6,6 SR mengguncang kawasan sekitar Sumba Barat. Akibat gempa ini, komunikasi ke lokasi kejadian masih sangat sulit dilakukan.

BMKG melaporkan terjadi gempa 6,6 SR pada Jumat (12-2-2016) pukul 17.02 Wib. Pusat gempa di darat yaitu 14 km Barat Daya Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Pusat gempa tergolong dangkal dengan kedalaman 10 km. Gempa tidak menimbulkan tsunami.

Posko BNPB sudah mencoba menghubungi BPBD Kabupaten Sumba Barat dan instansi terkait di Sumba Barat belum dapat terhubung. Komunikasi dengan telpon satelit, radio komunikasi dan mobile phone belum dapat tersambung.

“BPBD Provinsi NTT juga belum dapat menghubungi BPBD Sumba Barat. Infrastruktur komunikasi dan telpon di lokasi gempa masih sangat terbatas,” ujar Kepala Pusat Informasi BNPB Sutopo Purwo dalam keterangannya, Jumat (21/2/2016).

Baca Juga :  Serangan Hama Belalang di Sumba Mulai Berkurang

Informasi dari BPBD Kabupaten Sumbawa NTB gempa dirasakan kuat selama 10-15 detik. Masyarakat berhamburan keluar rumah. Gempa juga dirasakan di Kota Bima (III-IV MMI) atau lemah hingga ringan. Gempa juga dirasakan lemah di Bali (II-III MMI).

Berdasarkan analisis peta gempa dirasakan, intensitas gempa mencapai VI MMI (kuat) hingga VII MMI (sangat kuat). Di daerah Waikabukak dan Waimanguat intensitas gempa VII MMI (sangat kuat), sedangkan di Waitabula, Waikelo, Praigopa, dan Memboro mencapai VI MMI. Diperkirakan 58.000 jiwa merasakan guncangan sangat kuat (VII MMI), 207.000 jiwa merasakan guncangan kuat (VI MMI), dan 228.000 jiwa merasakan guncangan sedang (V MMI). (sumber:detik.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda