Home / Lingkungan / Garda Pemuda Nasdem Tempatkan Duta Revolusi Kebersihan di Pantai Lasiana

Garda Pemuda Nasdem Tempatkan Duta Revolusi Kebersihan di Pantai Lasiana

lintasntt
lintasntt

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Garda Pemuda Nasdem Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai terlibat dalam kampanye revolusi kebersihan di lokasi-lokasi wisata di daerah itu.

Gerakan yang diinisiasi Gubernur NTT Viktor Laiskodat ini disambut Garda Pemuda Nasdem dengan menempatkan Duta Revolusi Kebersihan di pantai wisata Lasiana, Kota Kupang mulai Minggu (16/12) petang.

Sebanyak empat mahasiswa direkrut Garda Pemuda Nasdem untuk melakukan dua tugas setiap Sabtu dan Minggu di lokasi wisata tersebut yakni meningatkan pengunjung membuang sampah di tempat-tempat yang sudah disiapkan, dan menegur pengunjung yang membuang sampah secara sembarangan.

“Revolusi kebersihan ini berkaitan dengan revolusi mental pengunjung. Mereka mendatangi pengunjung dan menyampaikan dengan sopan dan santun,” kata Pengurus DPW Garda Pemuda Nasdem Bobby Lianto kepada wartawan di sela-sela kegiatan tersebut.

Baca Juga :  Burung Mirip Maleo Hidup di Flores dan Sumba

Sesuai peluncuran, empat mahasiswa langsung bekerja. Mereka mendatangi kelompok pengunjung, memperkenalkan diri yang dilanjutkan dengan meminta mereka membuang sampah di tempat sampah.

Menurut Bobby, pantai Lasiana menjadi titik awal kegiata revolusi kebersihan yang dilakukan duta-duta Nasdem. Selanjutnya seluruh dewan pimpinan daerah (DPD) Nasdem yang sudah dibentuk di kabupaten dan kota, melakukan gerakan yang sama. Tujuan dari gerakan ini ialah seluruh pengunjung wisata di seluruh NTT membuang sampah di tempat sampah.

Ketua DPW Garda Pemuda Nasdem NTT Bobby Thinung Pitoby menambahkan revolusi kebersihan untuk mendukung wisata yang aman dan sehat. “Yang kita bangkitkan ialah seluruh masyarakat sadar terhadap kebersihan,” katanya.

Menurutnya para duta revolusi kebersihan bukan petugas kebersihan karena pekerjaan mereka membangkitkan kesadaran warga untuk peduli terhadap kebersihan.

Baca Juga :  Menteri LHK Cabut Gugatan Pencemaran Laut Timor

Kepala Dinas Pariwisata NTT Marius Jelamu yang hadiri pada kegiatan ini menyebutkan tantangan utama destinasi wisata di daerah itu ialah kebersihan. Akan tetapi menurut Dia, seluruh bupati dan wali kota mulai sadar tentang kebersihan seperti Kota Kupang dan Kabupaten Manggarai Barat. “Gerakan gubernur tentang kebersihan ii sudah menjalar ke daerah-daerah,” kata Marius Jelamu. (mi)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda