Home / Humaniora / Gangguan Server Warnai Seleksi CPNS di NTT

Gangguan Server Warnai Seleksi CPNS di NTT

Seleksi Kompetensi Dasar CPNS di Gedung SMA Keberbakatan 
Olahraga (SKO) Kupang/Foto: Lintasntt.com
Seleksi Kompetensi Dasar CPNS di Gedung SMA Keberbakatan Olahraga (SKO) Kupang/Foto: Lintasntt.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Sejumlah masalah teknis mewarnai seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Jumat (2/11/2018).

Sejumlah peserta tes mengeluh lantaran akses jaringan internet terputus dan hingga komputer jinjing yang digunakan peserta mati saat mengerjakan soal.

“Jaringan agak error sehingga saya harus memulai lagi dari awal. Ada juga komputer tiba-tiba mati,” kata Fina, salah satu peserta tes CPNS kepada wartawan.

Namun kondisi tersebut menurut Dia, berhasil ditangani dengan baik oleh tenaga teknis yang sudah disiagakan di lokasi seleksi CPNS. Untuk tingkat provinsi NTT, seleksi digelar di dua lokasi yakni gedung SMA Keberbakatan Olahraga (SKO) dan Politeknik Negeri Kupang.

Baca Juga :  Setiap Bulan Karirpad Dikunjungi Lebih 2 juta Pencari Kerja

Seleksi diikuti 7.243 peserta memperebutkan 587 formasi yang terdiri dari guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis.

Seleksi hari pertama berlangsung dari pagi hingga sore, dibagi dalam lima sesi, dengan peserta 260 setiap sesi. Seleksi akan berlangsung selama empat hari sampai Senin pekan depan.

Menurut Fina, setiap peserta wajib menjawab 100 pertanyaan yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) selama 90 menit. “Meski terjadi gangguan jeringan, saya bisa menyelesaikan seluruh pertanyaan dengan baik, lebih cepat 10 menit,” katanya.

Tenaga Admin Seleksi CPNS NTT 2018, Facun Baru mengatakan pada hari pertama, sebanyak 12 orang terlambat tiba di lokasi tes, dan 33 peserta tidak datang.
“Seleksi menggunaka sistem gugur sehingga peserta yang terlambat dan tidak datang otomatis gugur,” ujarnya.

Baca Juga :  Medah: NTT Miskin Karena Sektor Pertanian Belum Dikelola Maksimal

Peserta dinyatakan lolos seleksi kompetensi dasar jika berhasil memperoleh nilai minimal untuk masing-masing kategori yakni 60 untuk tes wawasan kebangsaan, 80 untuk tes intelegensia umum, dan 143 untuk tes karakteristik pribadi.

Peserta yang gagal di salah satu ketegori otomatis gugur, kendati dia memperoleh nilai tertinggi di dua kategori lainnya. (gma/mi)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda