Home / Daerah / Gakkumdu Bahas Dugaan Mobil DH 5 Dipakai Kampanye

Gakkumdu Bahas Dugaan Mobil DH 5 Dipakai Kampanye

Sentra Gakumdu/Foto: Talabu
Sentra Gakumdu/Foto: Talabu

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Nusa Tenggara Timur (NTT) membahas dugaan pelanggaran kampanye berupa penggunaan mobil dinas oleh calon wakil gubernur Benny Litelnoni, Kamis (12/4).

Pembahasan berlangsung di Kantor Gakkumdu yang dihadiri Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), polisi dan jaksa.

“Terkait pemakaian mobil dinas di kampanye, Gakkumndu hanya melakukan supervisi dan pendampingan terhadap Gakkumdu Kabupaten Timor Tengah Selatan” kata Komisioner Bawaslu NTT Jemris Fointuna kepada wartawan. Jemris juga hadir dalam pertemuan tersebut.

Pada saat yang sama, menurut Jemris, Gakkumndu Timor Tengah Selatan juga membahas persoalan tersebut. Pada Rabu (11/4), mobil yang ditumpangi calon wakil gubernur NTT 2018 Benny Litelnoni tersebut ludes terbakar di Kampung Peutleu, Desa Kakan, Kecamatan Kuanfatu, Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Baca Juga :  Gedung SMA 3 Amarasi Timur Roboh, Wagub NTT Serahkan Bantuan Pribadi Rp10 Juta

Mobil yang terbakar tersebut ternyata mobil dinas wakil gubernur NTT DH 5 yang digunakan Benny Litelnoni. Benny cuti kampanye karena maju lagi sebagai calon gubernur periode 2018-2023. Benny Litelnoni adalah wakil gubernur NTT periode 2013-2018.

Namun saat kejadian, plat nomor mobil dinas DH 5 tersebut menggunakan nomor plat DH 1980 BL. Penelusuran kasus ini akan berlangsung maksimal 12 hari.

“Kami menyamakan persepsi terhadap unsur-unsur pidananya. Nanti diumumkan statusnya. Jika memenuhi syarat akan ditindaklanjuti,” ujarnya.

Jemris mengatakan Panitia Pengawas Timor Tengah Selatan diminta menelusuri kasus ini. Panwas juga akan minta keterangan siapa yang menggunakan mobil tersebut. “Kalau hasil penelusuran ada dugaan tindak pidana pemilihan, akan diproses,” ujarnya. Khusus pidana, menurut Dia selain dibahas di Gakkumdu, juga diproses di pengawas.

Baca Juga :  Hingga Sabtu Siang, Gempa Susulan di Kupang Capai 27 Kali

Kepala Biro Umum Setda NTT Zakarias Moruk membenarkan mobil yang terbakar tersebut mobil dinas yang selama ini digunakan wakil gubernur NTT.

Namun mobil toyota fortuner itu sedang dalam proses pemutihan untuk diserahkan kepada Benny Litelnoni.

Zakarias beralasan jika mobil langsung diserahkan kepada Benny Litelnoni, pemerintah harus melakukan pengadaan mobil dinas baru untuk wakil gubernur. Padahal pemerintah harus melakukan pengadaan mobil dinas untuk wakil gubernur terpilih 2018. (sumber: media indonesia/palce amalo)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda