Home / Travel / Festival Dugong Diisi Lomba Selfi Pakaian Adat

Festival Dugong Diisi Lomba Selfi Pakaian Adat

Ilustrasi : Ikan Duyung/foto dari Ew
Ilustrasi : Ikan Duyung/foto dari Ew

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Festival Dugong yang dijadwalkan 12-13 Juni 2019 di Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) bakal dihadiri Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Kepala Dinas Pariwisata NTT Wayan Darmawa mengatakan satu pekan sebelum festival, pemerintah daerah menggelar sejumlah perlombaan yang bertujuan menarik kunjungan wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

“Kita akan menggelar lomba selfi yang pesertanya mengenakan pakaian adat,” kata Wayan di Kupang, Jumat (10/5).

Even tersebut digelar saat acara car free day 8 Juni. Selain peserta, warga yang datang ke car free day juga diminta mengenakan pakaian adat daerah masing-masing, termasuk para pemandu wisata dan warga di lokasi-lokasi wisata di daerah itu. Setelah kegiatan car free day akan dilanjutkan kunjungan ke lokasi wisata dan disambut warga yang juga mengenakan pakaian adat.

Baca Juga :  Destinasi Wisata NTT Dipamerkan di London

Dia menyebutkan even yang digelar pemerintah Kabupaten Alor dan Dinas Pariwisata NTT itu bertujuan mendorong warga dan pelaku wisata memperkenalkan pakaian adat daerah kepada wisatawan.

Sebelumnya Gebernur NTT Viktor Laiskodat telah mengeluarkan kebijakan kepada seluruh aparat sipil negara (ASN) Pemprov NTT mengenakan pakaian tenun daerah dua hari dalam seminggu. Kebijakan itu bertujuan meningkatkan ekonomi para penenum di daerah itu.

Kegiatan lain yang mengawali festival dugong ialah pameran pakaian adat dan hasil kerajian masyarakat termasuk moko, lomba kebersihan kampung adat, dan lomba foto. “Even ini betul-betul milik masyarakat, namun didukung oleh pemerintah,” kata Dia.

Festival Dugong mulai diperkenalkan di Alor sejak 2017 tepatnya di perairan antara pulau Alor dan Sikka. Di perairan itu ada tiga jenis ikan yang melakukan atraksi setelah dipanggil oleh pawang yakni dugong, pari dan lumba-lumba.

Baca Juga :  Tim Survei Pantau Kesiapan Lintasan Tour de Flores

Tiga jenis ikan ini bergantian melakukan atraksi tergantung dari permintaan pengunjung, seperti Dugong melakukan atraksi dengan cara menaikan kepala ke perahu yang ditumpangi wisatawan, dan pari berenang dekat perahu sambil mengibaskan sirip dan ekor. (mi)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda