Home / Flores / Fary Tinjau Ruas Jalan Kampung Kawaliwu di Flores Timur

Fary Tinjau Ruas Jalan Kampung Kawaliwu di Flores Timur

Penyambutan Ketua Komisi V DPR Fary Francis di Kampung Kawaliwu, Desa Sinar Hading, Kecamatan Lewolema, Flores Timur. Foto: Isodorus Lilijawa
Penyambutan Ketua Komisi V DPR Fary Francis di Kampung Kawaliwu, Desa Sinar Hading, Kecamatan Lewolema, Flores Timur. Foto: Isodorus Lilijawa

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Ketua Komisi V DPR Fary Francis melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Flores Timur, NTT, Jumat (1/7/2016).

Di daerah itu, Fary meninjau ruas jalan yang yang menghubungkan ibu kota kabupaten menuju Kampung Kawaliwu, Desa Sinar Hading, Kecamatan Lewolema yang pembangunannya didanani APBN sebesar Rp10 miliar.

Ruas jalan ini mulai diaspal sejak pada 2015 menggunakan menelan anggaran sebesar Rp5 miliar dan dilanjutkan pada 2016 juga sebesar Rp5 miliar.

“Kami tahu pembangunan jalan ini atas perjuangan Bapak Fary. Sekarang jalan kami ke kota sudah mulus karena telah diperbaiki dan dihotmix. Sekarang kami bepergian ke kota dengan mudah. Kami tahu kampung Kawaliwu bukan daerah pemilihan pak Fary tetapi hati dan perhatian bapak sudah kami rasakan,” kata Kepala Desa Sinar Hading, Dominikus D. Mukin saat menerima kunjungan Ketua Komisi V DPR bersama rombongan, Jumat (1/7/2016).

Baca Juga :  Warga Elar, Manggarai Timur Gotong Royong Bangun PLTMH

Dominikus mengatakan sebelum dibangun pada 2015, pernah terjadi kecelakaan mobil di ruas jalan yang menimbulkan korban jiwa. “Sebelum jalan diperbaiki, kami juga butuh waktu berjam-jam mencapai kota untuk menjual hasil kebun,” ujarnya.

Setelah akses jalan ke Kota Larantuka menjadi mulus, ia yakin potensi ekonomi dan pariwisata akan terdongkrak. Kegembiraan warga setempat tercermin lewat prosesi penyambutan yang meriah. Para wanita dan pria menari menyambut rombongan.Terik Matahari bukan hambatan ketika mimpi puluhan tahun terwujud.

Cerita pembangunan jalan ini dimulai sejak Agustus 2014. Ketika itu, Wakil Ketua DPRD Flotim, Mathias Werong dari Gerindra menemui Ketua Komisi V DPR RI di Jakarta. Mereka membawa proposal salah satunya permohonan pembangunan ruas jalan tersebut. Kini akses masyarakat setempat ke kota menjadi lebih mudah. Selamat membangun Kampung Kawaliwu!. (gma)

Baca Juga :  Lembata Diguncang Gempa 3,2 SR

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda