Home / Bisnis / Fary Tinjau Pelabuhan Peti Kemas dan Kapal Ternak

Fary Tinjau Pelabuhan Peti Kemas dan Kapal Ternak

Kunjungan Ketua Komisi V DPR Fary Francis di Pelabuhan Peti Kemas, Tenau, Kupang. Foto: Lintasntt.com
Kunjungan Ketua Komisi V DPR Fary Francis di Pelabuhan Peti Kemas, Tenau, Kupang. Foto: Lintasntt.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Ketua Komisi V DPR RI Fary Francis meninjau aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Peti Kemas Tenau, Kupang, Kamis (21/12).

Kunjungan ke lokasi itu untuk memastikan aktivitas bongkar muat bahan kebutuhan pokok berlangsung lancar, serta tidak terjadi antrean kapal pengangkut sembako.

Fary juga ingin memastikan kelancaran distribusi telur. Pasalnya harga telur di pasar tradisional melonjak.

“Untuk itu kami mau melihat langsung apakah ada kapal yang memuat telur yang tertahan tapi ternyata tidak ada, pihak Pelindo III menyatakan bahwa bongkar muat diprioritaskan untuk muatan pangan,” katanya kepada wartawan.

Menerut Fary, informasi dari General Manger PT Pelindo III, sampai 25 Desember tidak ada lagi aktivitas bongkar muat sembako. Saat ini bahan kebutuhan pangan cukup utuk tiga bulan ke depan.

Baca Juga :  Tahun Ini Produksi Semen Indonesia Capai 37,08 Juta Ton

“Kalaupun ada lagi yang masuk maka saya meminta pangan tetap menajdi prioritas,” ujarnya.

Menurutnya aktivtias bongkar muat peti kemas kini bisa berlangsung lebih cepat dengan lamanya masuk hingga selesai dan keluar kembali selama empat hari, dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 10 hari.

General Manager PT Pelindo III I Putu Sukadana menjamin kelancaran atau kehandalan dari alat-alat bongkar muat di pelabuhan tersebut. Tahun ini, peti kemas yang melalui Pelabuhan Tenau naik antara 6-8 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Aktivitas bongkar muat di pelabuhan peti kemas dari kapal ke dermaga dan sebaliknya, menggunakan dua unit container crane.

Sedangkan untu penumpukan petikemas menggunakan dua unit Reach Stacker  dan empat unit Rubber Tyred Gantry (RTG) dengan kapasitas lapangan petikemas sebanyak 200.000 Teus.

Baca Juga :  Bank NTT Serahkan Bantuan CSR ke Kota Kupang

Pada kunjungan kerja tersebut, Fary juga mengunjungi Kapal Camara Nusantara 1 yang sandar di pelabuhan. Kapal tersebut mulai mengangkut ternak pada Kamis malam, selanjutnya berlayar menuju Waingapi, Sumba Timur. (gma)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda