Fary Francis Minta Kualitas Pendamping Desa Ditingkatkan

Tanggal Terbit : January 18, 2019 | Nasional
Komisi V DPR Bertemu Masyarakat di Desa Hane, Kabupaten Timor Tengah Selatan/Foto: DokKomisi V DPR Bertemu Masyarakat di Desa Hane, Kabupaten Timor Tengah Selatan/Foto: Dok

Kupang–Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis minta kualitas pendamping desa dan pendamping lokal desa ditingkatkan.

Pendamping desa dan pendamping lokal desa merupakan ujung tombak pelaksanaan kegiatan di desa.

“Kalau kualitas pendamping desa dan lokal desanya bagus, pembangunan di setiap desa akan berkembang pesat. Kalau kualitasnya terbatas, maka akan sangat mempengaruhi percepatan pembangunan desa,” kata anggota DPR asal Daerah Pemilihan NTT 2 tersebut,” Jumat (18/1).

Menurut Fary, dalam perekrutan calon pendamping dea dan pendamping lokal, Kementerian Desa harus memperhatikan kualitas calon. Dengan alokasi dana yang besar untuk pembangunan di desa, harus diurus oleh pendamping yang memenuhi standar kualitas terbaik.

“Kami percaya pihak Kemendes bisa menentukan yang terbaik dalam perekrutan pendamping desa atau lokal desa. Kami keliling dari desa ke desa masih ditemukan desa-desa yang gerak pembangunannya masih lamban. Setelah dicek, ternyata kualitas pendamping desa dan lokal desanya masih terbatas,” kata Fary.

Baca Juga :  KPU Lantik Thomas Dohu Gantikan Mendiang Johanes Depa

Untuk mengetahui dan mengecek pelaksanaan kegiatan di desa, menggelar pertemuan bersama pendamping desa dan lokal desa wilayah Timor di Kabupaten Timor Tengah Selatan.

“Kami hari ini bertemu dengan mereka di TTS. Kita ingin melihat dan mendengar langsung keluhan mereka dan sejauhmana hasil pelaksanaan pembangunan desa di NTT, khususnya di Pulau Timor,” ungkap peraih legislator terbaik 2018 ini. (sumber: bintangtimur)