Home / Daerah / Fary Francis Berjuang Bangun Dermaga Hansisi dan Embung di Semau

Fary Francis Berjuang Bangun Dermaga Hansisi dan Embung di Semau

Ketua Komisi V DPR RI Fary Francis (tengah). Foto: Lintasntt.com
Ketua Komisi V DPR RI Fary Francis (tengah). Foto: Lintasntt.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

Semau–Belum banyak orang tahu tentang sosok yang berada di balik pembangunan Dermaga Hansisi dan pembukaan rute Fery Kupang-Semau.

Namun masyarakat Semau tidak pernah lupa terhadap sosok Fary Francis. Ketua Komisi V DPR RI periode itu adalah satu-satunya sosok yang diketahui berjuang membuka isolasi pulau yang berjarak sekitar 5 mil di barat Kota Kupang tersebut.

Pembukaan isolasi tersebut ialah berjuang lewat DPR RI untuk pembangunan Dermaga Hansisi sekaligus pembukaan rute Fery Kupang-Semau. Fary lakukan itu saat menjadi anggota DPR RI periode 2009-2014.

Dia juga membagikan dana Program Peningkatan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) untuk masyarakat Semau, dan di periode kedua sebagai anggota DPR, Fary memberikan bantuan rumah dan membangun embung. Sampai Januari 2019, puluhan embung sudah dibangun di Semau.

Baca Juga :  Jelang Natal, Lonjakan Penumpang di Bolok Capai 5%

Beberapa hari lalu, Fary bersama Satker Balai Sungai Wilayah Nusa Tenggara II melakukan survei rencana pembangunan embung di Semau. Menurut Fary, jika tidak ada masalah lahan dan ada izin dari Kementerian Kehutanan, pada 2020 bendungan di Semau dibangun.

Dermaga Hansisi/Foto: Lintasntt.com

Dermaga Hansisi/Foto: Lintasntt.com

“Kalau usulan dari masyarakat itu tidak ada masalah lahan, kita pastikan akan dibangun pada 2020,” kata Fary saat bertemu masyarakat di Semau pada Minggu (6/1/2019).

Karena perannya yang besar dalam membuka transportasi Fery ke Semau, masyarakat Desa Bokonusan, Kecamatan Semau menyebut Fary sebagai pejuang pembukaan isolasi wilayah dan pembangunan infrastruktur di Semau.

“Saya menyaksikan sendiri karena dua kali menjabat sebagai kepala desa di Desa Bokonusan, dan saya tahu persis bagaimana perjuangan bapak Fary Francis sebagai anggota DPR RI untuk masyarakat Pulau Semau,” kata tokoh masyarakat Semau, Agusberd Ngefak

Baca Juga :  Angin Kencang 86 Kilometer per Jam Landa Kupang, Listrik Padam

Masyarakat setempat juga berharap Fary terpilih lagi sebagai anggota DPR RI pada pemilu legislatif April 2019 sehingga pembangunan infrastruktur di pulau tersebut dilanjutkan, terutama jalan raya. (gma)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda