Home / Politik / Esthon-Christian Gelar Ritual Sembelih Sapi

Esthon-Christian Gelar Ritual Sembelih Sapi

Calon Guberur dan Wakil Gubernur NTT Esthon Foenay-Christian Rotok/Foto: Lintasntt.com
Calon Guberur dan Wakil Gubernur NTT Esthon Foenay-Christian Rotok/Foto: Lintasntt.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Ratusan orang berpakaian adat Timor dan Manggarai memenuhi halaman Sonaf Kerajaan Foenay di  Oepura, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (6/10/2017) petang.

Mereka adalah kader Partai Gerindra dan Partai Amanat Nasional yang mengusung pasangan calon gubernur Nusa Tenggara Timur 2018 Esthon Foenay-Christian Rotok (Esthon-Christian). Lokasi itu dimanfaatkan sebagai tempat digelarnya ritual adat jelang deklarasi pasangan ini yang dijadwalkan Sabtu (7/10) pukul 10.00 Wita.

Ketua Persehatian Orang Timor Johanis Nubatonis yang memimpin jalannya ritual adat, berbicara dalam bahasa Timor, memohon restu kepada para leluhur Suku Timor dan suku-suku lainnya yang bermukim di Pulau Timor untuk melapangkan jalan bagi pasangan ini untuk bertarung dan sekaligus memenangkan pertarungan di pilkada.

Baca Juga :  'Victori' Ingatkan Potensi Politik Uang di Pilkada Kota Kupang

“Saya berdoa dan melaksanakan ritual adat dan selalu didengar (leluhur). Saya bisa paksa leluhur untuk dengar (permintaan kami) karena leluhur itu kita punya,” ujarnya.

Seusai berbicara, Nubatonis kemudian beranjak menuju tempat diikatnya seekor sapi diikuti Esthon dan Christian bersama keluarga mereka masing-masing dan warga yang hadir di situ.

Menurutnya selama hidup manusia, Dia memiliki tiga tuan yakni Allah, Alam sebagai tempat berpijak, dan Arwah yang ada di dunia roh. “Kita minta restu kepada mereka,” ujarnya. Puncak ritual ditandai dengan menyembelih seekor sapi sebagai janji kepada Allah, Alam dan Arwah.

Menurut Esthon mengatakan Gerindra sudah resmi bergabung bersama Partai Amanat Nasional (PAN) untuk mengusung pasangan Esthon-Christian. “Setelah deklarasi, kami bukan bakal calon gubernur lagi tapi calon gubernur,” ujarnya.

Baca Juga :  46 Caleg dan 6 Calon DPD Gagal Ikut Pemilu di NTT

Dukungan lainnya juga datang dari Partai Perindo. Menrutu Esthon, Perindo sebagai partai baru dan belum memiliki kursi di DPRD, namun dinilai memiliki struktur dan jaringan sampai ke daerah sehingga bermanfaat untuk memperkuat posisi pasangan ini. Selain PAN, sejumlah parpol yang juga sudah diajak berkoalisi yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan parpol lain seperti Demokrat, PKPI dan PPP.

Deklarasi pasangan ini akan dihadiri Sekjen DPP Gerindra Ahamd Muzani dan ribuan kader dan simpatisan Gerindra dari berbagai kabupaten di Nusa Tenggara Timur. (gma/mi)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda