Home / Nasional / Empat Pesawat Sukhoi Operasi di Perbatasan Indonesia-Timor Leste dan Australia

Empat Pesawat Sukhoi Operasi di Perbatasan Indonesia-Timor Leste dan Australia

Pesawat Sukhoi Mendarat di Lanud El Tari Kupang/Foto: Lintasntt.com
Pesawat Sukhoi Mendarat di Lanud El Tari Kupang/Foto: Lintasntt.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Empat pesawat Sukhoi SU-30 milik TNI Angkatan Utara menggelar Operasi ‘Lintas Panah 2020’ di perbatasan antara Indonesia-Timor Leste dan Australia.

Empat pesawat itu bersama satu helikopter puma, terbang dari Skuadron Udara 11 Lanud Hasanuddin Makassar dan mendarat di Pangkalan TNI AU El Tari Kupang, Rabu (12/2/2020) siang.

“Kita akan menangkal niat musuh yang masuk ke wilayah kota. Kita tidak ingin terjadi Natuna dua,” kata Komandan Skuadron Udara 11 Letnan Kolonel Pnb. Wanda Surijohansyah yang memimpin operasi tersebut.

Pesawat tersebut akan beroperasi selama 10 hari di NTT, terdiri dari 13 penerbang, 10 teknisi, dan 53 orang lainnya personel TNI AU.

Selain itu, pesawat-pesawat Sukhoi juga akan menindak kejahatan lainnya seperti pencurian ikan di perairan Indonesia, penyelundupan dan pembalakan hutan.

Baca Juga :  Indonesia Beli 11 Pesawat Sukhoi dari Rusia

Kedatangan empat Sukhoi tersebut disambut tutur adat oleh sejumlah tokoh adat Timor sebelum diterima muspida NTT antara lain Asisten 1 Gubernur NTT Jamaludian Ahmad, Ketua DPRD NTT Emilia Nomleni Danrem 161/Wirasakti Kupang Brigjen Syaiful Rahman, dan Wakapolda NTT Brigjen Johni Asadoma. (mi)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda