Home / Nasional / Empat Kapal Pelni Angkut Pemudik dari Kupang

Empat Kapal Pelni Angkut Pemudik dari Kupang

ILUSTRASI: KM Lambelu di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon/Foto: PT Pelni
ILUSTRASI: KM Lambelu di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon/Foto: PT Pelni

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menyiapkan empat armada untuk mengangkut pemudik lebaran yang berangkat dari Pelabuhan Tenau, Kupang, NTT.

Empat kapal itu ialah Kapal Motor (KM) Umsini, Bukit Siguntang, KM Awu, dan Wilis. Adapun KM Sirimau yang selama ini melayani penumpang dari dan ke NTT, akan mengangkut pemudik dari wilayah Kalimantan ke Pulau Jawa.

“Kami memastikan lonjakan penumpang mudik tahun ini sebesar 2% sama seperti lonjakan penumpang pada mudik tahun lalu,,” Kepala PT Pelni Cabang Kupang Adrian kepada wartawan, Jumat (9/6) petang.

Adrian mengatakan seluruh kapal Pelni diberi kompensasi mengangkut tambahan penumpang sampai 40% dari kapasitas kapal, seperti KM Umsini dengan daya angkut 2.000 penumpang, akan mengangkut 2.800 penumpang. Dengan tambahan penumpang tersebut, Pelni juga akan menambah peralatan keselatam seperti jaket penolong dan dan rakit penolong kembung (inflatable liferaft).

Baca Juga :  NTT Usul Jalur Kereta Api Kupang-Atambua

Puncak mudik di Pelabuhan Tenau Kupang diperkirakan terjadi 23 Juni. Menurut Adrian, KM Umsini akan tiba di pelabuhan Tenau pukul 03.00 dini hari dan bertolak ke Lewoleba, Kabupaten Lembata sekitar pukul 07.00 Wita.

Dari sana, kapal mengangkut pemudik ke Larantuka, Flores Timur sebelum melanjutkan pelayaran ke Makassar, Sulawesi Selatan dan tiba pada hari raya Idul Fitri. Sementara itu mudik dengan kapal laut di NTT diperkirakan terjadi pada 16 Juni dengan KM Bukit Siguntang.

“Untuk arus balik mudik tidak akan ramai seperti di daerah lain karena mayoritas pemudik akan memilih moda transportasi lain seperti pesawat udara,” ujarnya. (sumber: mi/palce)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda