Home / Humaniora / Empat Feri Angkut Paziarah ke Larantuka

Empat Feri Angkut Paziarah ke Larantuka

Pelabuhan Feri Larantuka/Foto: Media  Indonesia
Pelabuhan Feri Larantuka/Foto: Media Indonesia

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menyiapkan empat armada untuk mengangkut pesiarah ke Larantuka, Flores Timur.

Peziarah akan mengikuti prosesi Semana Santa atau Pekan Suci. Tradisi sakral warisan Portugis ini untuk memperingati wafatnya Yesus Kristus.

“Ada tambahan empat kapal tetapi lihat lagi frekuensi penumpang. Jika penumpang bertambah, armada juga ditambah,” kata Kepala ASDP Cabang Kupang Arnoldus Yansen di Kupang, Senin (21/3).

Armada ASDP tersebut akan mengangkut peziarah sejak Minggu (20/3), Selasa (22/3), Kamis (24/3), dan Minggu (27/3). Adapun pada Minggu (20/3) dua armada mengangkut hampir 1.000 peziarah dari Kupang menuju Larantuka.

Baca Juga :  Stanis Tefa: Pengusaha di Kupang Bayar Gaji Buruh Rp300 Ribu Per Bulan

Prosesi Jumat Agung itu diawali dari perayaan Rabu Trewa. Trewa dalam tradisi Gereja Katolik artinya bunyi-bunyian, namun ritual keagamaan yang satu ini, sudah jarang dilakukan oleh Gereja Katolik lainnya, kecuali gereja-gereja Katolik yang ada di wilayah Keuskupan Larantuka.

Sebelum tibanya Jumat Agung, umat Katolik dan para peziarah lainnya merayakan misa untuk mengenang perjamuan malam terakhir antara Yesus Kristus dengan murid-muridNya pada perayaan Kamis Putih. Prosesi Jumat Agung dapat dihayati sebagai perenungan mengikuti perjalanan Bunda Maria yang begitu berduka dalam mengikuti penderitaan putranya Yesus Kristus. (sumber: mi/palce amalo)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda