Home / Bisnis / Ekonomi NTT Diproyeksi Tumbuh 5-5,4% di Triwulan II

Ekonomi NTT Diproyeksi Tumbuh 5-5,4% di Triwulan II

Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi
Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Pertumbuhan ekonomi Nusa Tenggara Timur (NTT) diperoyeksi tumbuh di kisaran 5-5,4% (year on year/yoy) pada Triwulan II 2016.

Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan NTT Naek Tigor Sinaga di Kupang, Kamis (26/5) mengatakan peningkatan investasi dan realisasi anggaran pemerintah diperkirakan masih menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi ke depan.

Khusus Trwiulan II, pertumbuhan ekonomi juga ditopang oleh pencairan dana desa tahap pertama dan kemungkinan realisasi gaji ke-13. Di sisi lain, inflasi triwulan II diperkirakan berada pada kisaran 4,7-5,2% (yoy) dengan prediksi akhir tahun sebesar 4,0-4,5% (yoy).

Sedangkan sepanjang tahun 2016 diperkirakan masih berada pada proyeksi sebelumnya sebesar 5,1 – 5,5% (yoy). “Ekspor ktia melambat. Sebetulnya pertumbuhan ekonomi lebih tinggi jika komponenen impor ditekan,” ujarnya.

Baca Juga :  NTT Lakukan Simplikasi Perda Dorong Kemudahan Investasi

Dia mengatakan tekanan inflasi masih akan terjadi seiring peningkatan konsumsi masyarakat menjelang libur sekolah pada Juni dan adanya peningkatan harga menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Saat ini inflasi di NTT sebesar 5,04% dan diproyeksikan 4,9% di Triwulan II. Menurutnya tekanan inflasi sepanjang tahun 2016 diperkirakan masih berasal dari komoditas volatile food dan tarif angkutan udara.

“Kantor Perwakilan BI NTT akan terus memonitor berbagai perkembangan, di regional maupun nasional, sekaligus memperkuat koordinasi dengan pemerintah daerah untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta menjaga tingkat inflasi pada rentang target yang telah ditentukan,” kata Tigor. (gma/rr/mi)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda