Home / Politik / Dukung Prabowo, Rachmawati Soekarnoputri Dipecat dari Nasdem

Dukung Prabowo, Rachmawati Soekarnoputri Dipecat dari Nasdem

Bagikan Halaman ini

Share Button
Rachmawati Soekarnoputri

Rachmawati Soekarnoputri

Jakarta—Rachmawati Soekarnoputri diberhentikan dari jabatannya sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Partai Nasdem. Partai pendukung pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla itu menilai Rachmawati dianggap tidak sejalan dengan partai karena mendukung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dalam pemilu presiden.

“Kami melihat perlu diadakan pengambilan keputusan untuk mengganti Ketua Dewan Pertimbangan Rachmawati dengan alasan bahwa ada sebuah perbedaan pandangan yang cukup tajam yang menurut kami tidak sesuai dengan etika dan disiplin organisasi serta basis perjuangan partai,” kata Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Patrice Rio Capella saat konferensi pers di Kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta, Selasa (5/8/2014) sore.

Keputusan tersebut diambil setelah Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, jajaran Majelis Tinggi, dan jajaran Dewan Pertimbangan mengadakan rapat internal. Patrice mengatakan, rapat tersebut secara bulat mengambil keputusan untuk memberhentikan Rachmawati.

Baca Juga :  Golkar Tetapkan Melkiades Laka Lena Cagub NTT

Prosedur pemecatan itu juga, menurut dia, sudah sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga partai.

“Nasdem partai baru yang menjadi pengusung capres nomor urut dua, Jokowi-JK. Oleh karena itu, keputusan yang diambil partai ini seyogianya jadi keputusan yang bulat. Kami menghargai kalau ada beda pandangan pilihan dalam tubuh partai, tetapi tidak mengatasnamakan institusi Partai Nasdem,” ujarnya.

Posisi Rachmawati digantikan Maxi Gunawan yang sebelumnya menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan.

“Memang keputusan sudah dilakukan bulat sesuai apa yang dikatakan Pak Sekjen. Selanjutnya, saya yang dipilih sebagai pengganti. Saya ucapkan terima kasih kepada Ibu Rachma. Kami akan tetap solid membawa Dewan Pertimbangan mendukung Nasdem dengan langkah-langkah yang diambilnya,” ujar Maxi.

Baca Juga :  Kota Kupang Lakukan Penataan Organisasi Perangkat Daerah

Meski dipecat dari jabatan struktural, Patrice mengatakan, Rahmawati tetap merupakan anggota Partai Nasdem. Statusnya sebagai anggota DPR terpilih dari Partai Nasdem juga tidak berubah. (kompas.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda