Home / Nasional / Dua Kapal Angkut 1.520 Pemudik dari Tenau

Dua Kapal Angkut 1.520 Pemudik dari Tenau

Penumpang Naik ke Kapal Motor Umsini di Pelabuhan Tenau Kupang, Selasa (28/6/2016). Foto: Gamaliel
Penumpang Naik ke Kapal Motor Umsini di Pelabuhan Tenau Kupang, Selasa (28/6/2016). Foto: Gamaliel

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Sebanyak 1.520 pemudik lebaran berangkat dari Pelabuha Tenau Kupang, Nusa Tenggara Timur, Selasa (28/6) pagi.

Ribuan penumpang itu diangkut dua kapal yakni Kapal Motor (KM) Awu yang mengangkut 1.023 penumpang, dan KM Sirimau mengangkut 497 penumpang.

KM Awu tiba lebih awal yakni pukul 06.00 Wita menurunkan lebih dari 163 penumpang. Setelah kapal meninggalkan pelabuhan, KM Sirimau sandar untuk menurunkan 221 penumpang.

‘Terjadi peningkatan arus penumpang mudik sekitar 10 persen,” kata Kepala Seksi Usaha Kepelabuhanan dan Lalu Lintas Angkutan Laut, Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kupang Luthfi Amir Ma’ruf kepada wartawan.

Dia mengatakan KM Awu mengangkut pemudik tujuan bagian barat Indonesia, sedangkan penumpang tujun bagian timur Indonesia berangkat dengan KM Sirimau. Sebagian besar penumpang tersebut akan turun di Makassar, Sulawesi Selatan dan Surabaya, Jawa Timur.

Baca Juga :  Bulog NTT Baru Serap Beras Petani 0,81% dari Target

Sesuai pantuan, seluruh penumpang terangkut dengan kapal tersebut. Dua kapal Pelni tersebut masing-masing memiliki kapasitas 969 penumpang di antaranya kelas ekonomi menampung 915 penumpang

Sebelumnya pada pelayaran 26 Juni, KM Awu mengangkut 148 penumpang, dan menurunkan 967 penumpang di pelabuhan tersebut. Adapun KM Umsini yang berangkat dari Tenau pada 23 Juni lalu tujuan Surabaya dan Jakarta mengangkut 968 penumpang, dan menurunkan 733 penumpang.

Sementara itu Kepala PT Pelni Cabang Kupang Adrian mengatakan puncak arus mudik melalui pelabuhan Tenau Kupang terjadi 28 Juni.

Peningkatan penumpang kapal karena banyak warga memilih mudik menggunakan angkutan laut. Selain itu dua kapal tersebut baru kembali menyingahi Pelabuhan Tenau Kupang setelah lebaran untuk mengangkut arus balik. (gma/sumber: media indonesia/palce amalo)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda