Home / Nasional / Dua Kabupaten Kekurangan Naskah UN SMP

Dua Kabupaten Kekurangan Naskah UN SMP

Bagikan Halaman ini

Share Button
Ilustrasi Ujian Nasional SMP/Foto: tribunews.com

Ilustrasi Ujian Nasional SMP/Foto: tribunews.com

Kupang—Lintasntt.com: Penyaluran naskah ujian nasional (UN) sekolah menengah pertama (SMP) di Nusa Tenggara Timur masih menyisakan persoalan.

Sampai Sabtu, masih terjadi kekurangan naskah UN di Kabupaten Sumba Timur dan Ngada.

Kepala Dinas Pendidikan dan Keburayaan NTT Pieter Manuk mengatakan kekurangan naskah UN di Sumba Timur dan Ngada masing-masing satu mata pelajaran, termasuk naskah untuk UN susulan. Namun ia mengaku lupa mata pelajaran yang naskahnya belum lengkap tersebut.

“Kekurangan naskah segera dipenuhi sebelum ujian digelar,” ujarnya kepada wartawan seusai menghadiri upacara Hari Pendidikan Nasional di Kupang, Sabtu (2/5).

Menurut Dia, naskah dipenuhi paling lambat Minggu (3/5) sehingga ia memastikan tidak akan terjadi kekurangan naskah pada UN SMP. Adapun naskah UN sudah tiba di seluruh kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di ibu kota kabupaten. Naskah tersebut dijaga oleh aparat kepolisian selama 24 jam.

Baca Juga :  Rokatenda Meletus, Tiga Tewas, Dua Hilang

Naskah diawasi ketat guna mengantisipasi soal ujian bocor seperti yang terjadi pada naskah UN SMA. Ketika itu, seorang guru membuka amplop berisi kaset untuk mata pelajaran Bahasa Inggris di salah satu sekolah di Flores Timur dibatalkan dan diganti dengan UN susulan. “Saya lebih plong karena persiapan UN SMP lebih baik dari UN SMA,” ujarnya.

Sesuai jadwal, UN SMP akan digelar 4-7 Mei. Di NTT, peserta UN berjumlah 95.550 siswa, berasal dari 1.643 sekolah, dan paket B sebanyak 3.901 orang. (gamaliel)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda