Home / Humaniora / DPRD Kota Kupang Beri Lampu Hijau Puskemas Jadi BLUD

DPRD Kota Kupang Beri Lampu Hijau Puskemas Jadi BLUD

Bagikan Halaman ini

Share Button
Livingstone Ratu Radja/Foto: Ellya

Livingstone Ratu Radja/Foto: Ellya

Kupang–Lintasntt.com: Ketua Komisi IV DPRD Kota Kupang Livingstone Ratu Radja mengatakan empat komisi mendukung rencana pemerintah menjadikan puskesmas jadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Menurut Livingstone puskesmas sebaiknya dijadikan BLUD sehingga pengelolaan keuangan yang berkaitan dengan pemenuhan layanan kesehatan, terutama pelayanan urgen, bisa diputuskan sendiri.

Selama ini pelayanan puskesmas sering mengalami kendala, karena pemenuhan obat-obatan, fasilitas dan petugas kesehatan bergantung dari pencairan dana APBD.

“Dengan dijadikan BLUD, pelayanan kesehatan di puskesmas akan semakin baik karena pemenuhan fasilitas kesehatan, obat, dan petugas tanpa menunggu pencairan dana APBD,” ujarnya, Selasa (6/10).

Ia mengatakan komisi IV telah melakukan studi banding ke Bali untuk melihat perbandingan antara perkembangan dan pelayanan puskesmas setelah dijadikan BLUD. Menurutnya pengalihan status puskesmas tidak akan menjadikan fasilitas kesehatan itu mengutamakan bisnis daripada pelayanan pasien.

Baca Juga :  Oscar Lawalata Gelar Pameran Tenun Ikat di Kupang

Justru pengalihan puskesmas ke BLUD hanya bertujuan agar pengelolaan keuangan menjadi lebih mudah.

Menurutnya Komisi IV akan terus melakukan pengawasan pasca puskesmas beralih menjadi BLUD sehingga pelayanan kepada masyarakat tetap dilakukan secara benar dan berjalan secara baik,” tegasnya. (rr)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda