Home / Humaniora / Dokter RS Johannes Kupang Angkat Ginjal ‘Raksasa’ dari Pasien Kista

Dokter RS Johannes Kupang Angkat Ginjal ‘Raksasa’ dari Pasien Kista

Pasien Kista Agustina Luru, inserta-Sebagian Kista Diteliti di Laboratorium. Foto: Gamaliel
Pasien Kista Agustina Luru, inserta-Sebagian Kista Diteliti di Laboratorium. Foto: Gamaliel

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Tim Dokter Rumah Sakit (RS) WZ Johannes Kupang, Nusa Tenggara Timur berhasil mengangkat ginjal ‘raksasa’ dari pasien Kista, Agustina Luru, 33 tahun.

Ginjal yang diangkat berukuran 15×10 sentimeter (cm), hampir tiga kali lipat dari ukuran normal ginjal yakni 8×6 sentimter.

Namun pengangkatan ginjal diprotes keluarga pasien. Pasalnya awalnya dokter mengabarkan kepada keluarga bahwa Agustina menjalani operasi pengangkatan kista. Dokter baru menyampaikan terjadi pengangkatan ginjal setelah operasi berakhir, dan berjalan sukses.

“Dokter seharusnya menjelaskan dulu kepada suami Agustina baru melakukan pengangkatan ginjal,” kata Athanasius Kehi, keluarga pasien kepada wartawan, Jumat (11/3).

“Dokter bilang kista melengket dengan ginjal. Mau tidak mau harus diangkat karena ginjal sudah terinfeksi,” ujarnya meniru penjelasan dokter.

Baca Juga :  Ratusan Murid TK di Kupang Ikuti Gebyar Kreatitivitas Guru-Anak

Ketua Tim Operasi dokter, Unedo mengatakan tim dokter mencurigai ada tumor pada indung telur pasien.
“Setelah dilakukan pemotongan pada perut, tampak massa pada indung telur dan saluran telur sulit diidentifikasi,” ujarnya.

Massa membesar dan pada indung telur terjadi pembengkakan hebat di rongga perut. Dokter melakukan pemeriksaan jaringan, dan tampak keluar nanah dari organ jaringan tersebut serta jaringan mengalami pembusukan. “Pengangkatan ginjal harus dilakukan karena dikhawatirkan meluas dan mengancam nyawa pasien. (gma)

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda