Home / Daerah / Disnakertrans NTT Ajukan Ranperda Awasi Pekerja Asing

Disnakertrans NTT Ajukan Ranperda Awasi Pekerja Asing

Ilustrasi pekerja asing (Thinkstock/Digital Vision)/Dari Kompas
Ilustrasi pekerja asing (Thinkstock/Digital Vision)/Dari Kompas

Bagikan Halaman ini

Share Button

 

Kupang–Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Nusa Tenggara Timur (NTT) mengajukan rancangan peraturan daerah (Ranperda) pengawasan tenaga kerja asing ke DPRD.

Kepala Seksi Pengupahan, Jaminan Sosial, dan Penyuluhan Disnakertrans NTT Jeremias Ata menyebutkan ranperda dibuat karena jumlah pekerja asing di daerah itu mulai bertambah banyak. Ranperda akan dibahas di Komisi V DPRD setempat.

“Dulu belum ada tenaga kerja asing sehingga kita tidak memikirkan ranperda. Sekarang tenaga kerja asing sudah banyak dan tersebar di beberapa kabupaten,” katanya di Kupang, Selasa (24/4).

Jeremias mengatakan ranperda juga mengatur tentang retribusi. Tenaga kerja asing yang memperpanjang kontrak dengan perusahaan tempat dia bekerja, harus membayar retribusi yaitu saat perpanjangan Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA), dan Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA).

Baca Juga :  Cuaca Ekstrem, TN Komodo Batasi Area Kunjungan

Dia menyebutkan peraturan daerah itu juga akan mengatur perusahaan yang mempekerjakan tenaga kerja asing. “Kalau tidak (diatur), mereka berbondong-bondong datang ke NTT, dan tidak diawasi,” ujarnya. (sumber: MI)

 

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda