Home / Hukum / Dinas Pariwisata NTT Cek Kasus Penyelundupan Komodo di Surabaya

Dinas Pariwisata NTT Cek Kasus Penyelundupan Komodo di Surabaya

Veranus Komodoensis
Veranus Komodoensis

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusa Tenggara Timur (NTT) segera mengirim stafnya ke Surabaya, Jawa Timur untuk mengecek pengungkapan jaringan penyelundupan bayi komodo oleh Kepolisian Daerah setempat.

“Kami langsung merespon informasi mengenai pengungkapan jaringan perdagangan satwa komodo itu dengan mengirim salah satu kepala bidang ke sana,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT Wayan Dharmawa kepada wartawan di Kupang, Rabu (27/3).

Wayan menyebutkan pihaknya sudah melakukan konfirmasi ke Polda Jawa Timur mengenai kebenaran pengungkapan jaringan penyelundupan 41 komodo ke luar negeri.

Sesuai informasi, komodo-komodo tersebut diambil dari Flores dengan harga bervariasi mulai Rp6-Rp8 juta dari tangan pertama, kemudian dari tangan kedua dengan harga Rp15-Rp20 juta.

Baca Juga :  Sakit Gula, Bupati Sumba Barat Jadi Tahanan Kota

Wayan mengatakan sebelum berangkat ke Surabaya, petugas akan bertemu untuk mendapat pengarahan dari Gubernur NTT Viktor Laiskodat maupun Wakil Gubennur Josef Nae Soi.

Pemerintah daerah juga segera mengecek izin maupun larangan perdagangan satwa untuk mendapatkan informasi deteil mengenai kasus penyelundupan komodo tersebut. “Kami melakukan langkah-langkah untuk penyelamatan komodo,” ujarnya. (mi)

 

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda