Home / Travel / Dinas Pariwisata Gelar Pelatihan Pemandu Wisata

Dinas Pariwisata Gelar Pelatihan Pemandu Wisata

Pelatihan Pemandu Wisata Kota Kupang/Foto: Ellya Djawas
Pelatihan Pemandu Wisata Kota Kupang/Foto: Ellya Djawas

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kupang menggelar pelatihan pemandu wisata, Kamis (23/6).

Kegiatan ini berlangsung dua hari sampai 24 Juni 2016 diikuti 40 orang terdiri dari Himpunan Pramuwsiata Indonesia (HPI) 10 orang, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) 22 orang, Asosiasi Duta Wisata Indonesia (Adwindo) 5 orang, serta Pemerintah Kota Kupang 5 orang.

Kegiatn dengan tema ‘We have anyting you are looking for’ menghadirkan narasumber yang juga pemandu wisata senior Mesakh Toy yang juga ketua PHRI NTT, serta Konseptor dan Pengamat Kepariwisataaan Mathias Beeh.

Pelatihan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan pemandu wisata, serta mendorong dan mengajak pelaku pemandu wisata untuk mengemban usaha atau kegiatan yang ditekuninya dengan baik dan benar.

Baca Juga :  Parade Kuda Sandelwood Diundur ke 3 Juli

Kabid Produksi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kupang Eustakhius Matheus mengatakan salah satu komponen utama dalam memajukan kepariwisataan ialah eksistensi pemandu wisata.

“Dalam upaya mempromosikan potensi wisata sekaligus suatu jawaban terhadap kebutuhan wisatawan akan informasi dan pendampingan, dan bersamaan dengan itu, pemandu wisata menjadi profesi yang sangat strategis prospektif sesuai dengan dinamika kepariwisataan yang sedang berlangsung dewasa ini,” ujarnya.

Menurutnya pemandu wisata perlu memiliki kompotensi yang memadai untuk mengemban profesi dan memberikan pelayanan yang memuaskan bagi setiap pengguna jasa kepemanduaan.

Pelatihan pemandu wisata bagi pelaku pemandu wisata se Kota kupang merupakan suatu upaya strategis dalam meningkatkan kompotensi pemandu wisata dan mengoptimalkan keberadaan pemandu wisata dalam mempromosikan potensi wisata yang berada dalam wilayah pemerintah kota kupang,” katanya. (rr)

Baca Juga :  Monumen 'New 7 Wonder of Nature' Komodo akan Dipindahkan

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda