Home / Politik / Dinas Dukcapil Kota Kupang Musnahkan 2.629 KTP Elektronik

Dinas Dukcapil Kota Kupang Musnahkan 2.629 KTP Elektronik

Pemusnahan KTP Elektronik Rusak/Foto: Humas Kota Kupang
Pemusnahan KTP Elektronik Rusak/Foto: Humas Kota Kupang

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur memusnahkan 2.629 Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-E) dengan cara dibakar di halaman gedung kantor tesebut, Rabu (19/12).

Terdiri dari 2.169 lembar KTP rusak atau invalid, dan 500 KTP Elektronik warga pindahan. “Pemusnahan KTP invalid ini untuk tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab,” kata Sekretaris Dinas Dukcapil Kota Kupang Agus Ririmase kepada wartawan.

Pemusnahan ribuan KTP elektronik itu berdasarkan surat edaran Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo No 470.13/11176/SG tangal 13 Desember 2018 tentang pemusnahan KTP elektronik yang rusak atau invalid.

Pemusnahan dilakukan oleh tim yang terdiri dari dinas kependudukan dan catatan sipil, inspektorat daerah, dan satuan polisi pamong praja.

Baca Juga :  Pemilih di Kota Kupang Rasional, Pilih Jonas-Niko

Menurutya, kegiatan pemusnahan itu dilakukan dalam rangka tertib administrasi, dan sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan, dan kewaspadaan dalam sistem administrasi kependudukan serta menghindari penyalahgunaan KTP elektronik yang rusak tersebut. Seusai pemusnahan, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pemusnahan. (mi)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda